Apresiasi Kopi Bengkulu, Presiden AVPA Kunjungi Bengkulu

Bengkulu Tuan Rumah Perayaan Kopi Internasional

BENGKULU, newsikal.com – Presiden AVPA Philippe Juglar mengapresiasi atas keberhasilan Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah berhasil mendapatkan penghargaan 3 kategori awards pada Kejuaraan Kopi Internasional Agency for the Valorization of the Agricultural Products (AVPA) di Prancis. Hadirnya philipe, untuk melihat langsung cara pengolahan kopi di Bengkulu.

Dikatakannya, saat menghadiri Press Comference bersama Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, bahwa Ia telah mengunjungi beberapa daerah penghasil kopi di Bengkulu

“Kita telah berkunjung ke daerah Rejang Lebong dan Kepahiang, disana kita bertemu dengan petani dan berdiskusi mengenai sistem bertani dan sistem olah. Bagaimana kontrol kualitas hingga indikasi geografis seperti itu,” ujarnya.

Terkait penghargaan yang diraih Provinsi Bengkulu, ia juga menambahkan bahwa prestasi itu diberikan telah melalui berbagai tahapan penilaian.

“Jadi ada tiga jenis kopi yang dibawa oleh Bengkulu mendapat penghargaan, ketiganya tersebut adalah kopi yang berbeda. Ketika itu, semua kopi dari 205 negara melewati blen tes semua. Jadi kita tidak tahu itu kopi darimana, cita rasa yang enak dan bagi orang Eropa 3 kopi itu masuk,” terangnya.

Disamping itu, terkait perayaan kopi internasional, Kementerian Perindustrian RI telah menetapkan Bengkulu menjadi tuan rumah. Hal ini disampaikan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah secara lugas.

“Itu sudah ditetapkan oleh Kementerian Perindustrian, sudah dilaunching juga pada waktu Bencoolen Internasional merintis di Paris. Disana pula Dirjen menyampaikan bahwa sudah ditetapkan tuan rumah hari Kopi Internasional akan digelar di Bengkulu pada tahun 2020,” terang Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Dijelaskannya, di samping volumenya terbesar ketiga nasional, Robusta Bengkulu berbeda dengan Robusta yang lain.

“Saya kira ini akan semakin memperkuat digitimasi bahwa kopi kita memang disamping volumenya terbesar ketiga nasional, Robusta Bengkulu itu berbeda dengan Robusta yang lain. termasuk provinsi-provinsi yang lain di Indonesia. apalagi di luar negeri, sangat berbeda. maka ketika di blend dengan Arabika, kata pencinta kopi disinilah keunikan kopi Bengkulu,” tutup Rohidin.(Rocky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close