Asidewi Bersama Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu: Destinasi Wisata Bangkitkan Perekonomian Desa

BENGKULU, newsikal.com – Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) Provinsi Bengkulu mengisi acara Talkshow Expose desa wisata yang dihelat oleh Bencoolen Mall live di Instagram, di atrium BenMall, Kamis (20/10/2022).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu diwakili Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Provinsi Bengkulu Desven Amril.

Ia mengungkapkan bahwa, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan dinas pariwisata di kabupaten dan kota untuk pengembangan destinasi wisata dengan mengadakan perlombaan desa wisata.

“Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan wakil Gubernur Bengkulu Rosjansyah telah mengamanahkan OPD Pariwisata mengadakan lomba desa wisata,” kata Desven.

“Di Tahun 2021 lalu telah memberikan reward sebesar Rp 1 juta dan di tahun 2022 ini akan ada hadiah sebesar Rp 120 juta bagi yang memenangkan, serta bantuan pengembangan infrastruktur wisata di tahun berikutnya,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Asidewi Provinsi Bengkulu Suzy Nery menjelaskan bahwa, Asidewi memiliki tugas sebagai pendamping dan pembina desa sadar wisata untuk mengembangkan potensi destinasi wisata di desa.

“Kita menyadari masyarakat di desa bahwa di tempatnya bisa dijadikan tempat objek wisata yang menarik sehingga orang lain ingin berkunjung ke desanya. Dan itu, dapat meningkatkan ekonomi di desa tersebut,” kata Suzy Nery.

Lanjutnya, Asidewi Provinsi Bengkulu sudah banyak mengunjugi dan mendampingi desa-desa yang memiliki potensi objek wisata agar dapat dikelola dengan baik.

“Kita selalu berkunjung ke daerah-daerah untuk melihat spot wisata baru yang belum terkelola dengan baik dan tidak terorganisir agar dapat mengembangkan objek wisatanya,” ungkapnya.

KeDepannya, Asidewi akan memperbanyak destinasi wisata pilihan di tingkat nasional maupun internasional sehingga nantinya dapat meningkatkan ekonomi di desa.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button