Bank Bengkulu Mudahkan Pengelolaan Keuangan Pemda Bengkulu Utara

BENGKULU UTARA, newsikal.com – Dalam upaya membantu Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, bersama Bupati Bengkulu Utara Bank Bengkulu melaunching penerapan aplikasi Kas Daerah (Kasda) berbasis online di Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), (18/5/2018). Kasda Online adalah upaya untuk meningkatkan pelayanan sekaligus mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) mencapai pengelolaan keuangan yang baik, transparan dan akuntabel.

Direktur Utama Bank Bengkulu, Agusalim menuturkan, program ini bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara dalam mempercepatkan penyusunan keuangan yang transparan dan akuntabel serta meningkatkan opini BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah setempat. Selain itu kehadiran Simda Online juga akan banyak memberikan manfaat untuk efektifitas dan efesiensi pengelolaan serta pertanggungjawaban keuangan.

Ini bentuk dari komitmen Bank Bengkulu mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintah daerah. Tujuannya, untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” terangnya.

Selain itu, Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian menyebutkan, ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara Pemerintah Daerah Bengkulu Utara dengan Bank Bengkulu dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Ia juga mengatakan, diterapkannya Kasda online ini, akan memberi dampak positif terhadap pelayanan publik, mengurangi resiko pengembalian berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dan memudahkan pemerintah dalam memantau transaksi keuangan daerah.

“Bahkan dapat mempercepat proses pembayaran atas realisasi SP2D kepada pihak ketiga dan memudahkan pemerintah melakukan rekonsiliasi keuangan,” ujarnya.

Di sisi lain Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu Endang Kurnia Saputra, menerangkan bahwa kehadiran Kasda online bukan menghambat namun mempercepat proses pengurusan administrasi keuangan.

“Kami dari Bank Indonesia memberikan apresiasi ke PT Bank Bengkulu yang sudah membantu dalam pengembangan teknologi berbasis online seperti ini,” katanya.

Pada launching ini, juga dilakukannya penandatanganan kerja sama antara Bank Bengkulu dengan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dalam pengelolaan kas daerah. Selain Bupati dan Dirut Bank Bengkulu, hadir juga BPK dan BPKP Republik Indonesia Perwakilan Bengkulu, direktur Bank Bengkulu, Kepala BPKAD, Forkopimda Bengkulu Utara dan seluruh OPD di lingkungan Bengkulu Utara.(adr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close