Bank Indonesia Buat Batik Besurek Semakin Terkenal di Kancah Nasional

BENGKULU, newsikal.com – Bank Indonesia bersama PKK Juli mendatang akan membuat Batik Basurek kembali terkenal di kancah nasional. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Endang Kurnia Saputra, usai melaunching Galeri Batik Canting Emas di Jalan Soekarno Hatta nomor 12 Anggut Atas, Kota Bengkulu, (30/5/2018).

Disampaikan Endang, Batik Basurek Bengkulu sudah diperkenalkan di kancah nasional dalam pagelaran pameran di Jakarta Kreatif Konvensional Center dan sudah dikenal oleh petinggi negara. Bahkan Besurek juga bekerja sama dengan desainer terkenal.

“Terbesar kita akan melakukan pameran karya kreatif Indonesia di Jakarta Kreatif Konvensional Center, di mana batik Besurek ini telah dikenal oleh ibu negara Iriana Jokowi, istri wakil presiden, menteri-menteri bahkan artis seperti Maudi Kusnaidi. Saat itu kami juga masih bekerja sama dengan Manuel Watimena dan pada bulan Juli mendatang kami akan melakukan pameran yang sama dengan persiapan yang lebih matang,” ungkapnya.

Endang juga menjelaskan, untuk menyerang pasaran batik Indonesia harus menggunakan sistem pemasaran yang unik salah satunya dengan menggait kolektor-kolektor terkenal Indonesia.

“Kita harus punya strategi pemasaran yang sangat unik ini akan kita salurkan ke markenis dimana orang-orang yg suka batik seperti kolektor-kolektor batik besar di Indonesia,” sampainya.

Tidak hanya itu, dijelaskannya Batik Basurek Bengkulu cukup unggul, karena diproduksi oleh orang asli Bengkulu dan coraknya yang unik memang mencirikan budaya daerah Bengkulu.

“Ini batik Bengkulu, corak budaya Bengkulu diproduksi oleh orang kita, bukan orang jawa ataupun Pekalongan. Inilah yang akan kita bawa ke kancah nasional,” ujar Endang.

Launcing Galeri Batik Canting Emas ini, selain dihadiri Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, Kadis Koperasi dan UKM  H. Muslih S, Kadis Perindag Hj. Dewi Dharma M.Si  dan ibu-ibu PKK yang juga sebagai anggota batik Canting Emas Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close