Banyaknya Lampu Jalan Yang Rusak, Ini Kata Dishub

Ilustrasi

KOTA BENGKULU, newsikal.com – Banyaknya lampu jalan yang mati di Kota Bengkulu ditanggap jelas oleh Dinas Perhubungan (Dishub), Kamis (25/04/2019).

Kabid Sarana Prasarana (Sarpras) Dinashub Kota Bengkulu, Hendri Kurniawan menuturkan, banyaknya lampu jalan yang mati disebakan adanya ganguan teknis (Konsleting) akibat adanya pergantian tiang oleh pihak PLN.

“Memang benar. Tapi kondisi ini dikarenakan PLN sedang melakukan perbaikan jaringan dan pergantian tiang yang mengakibatkan lampu mendadak konslet,” ujar Hendri.

“Rencananya kita akan melakukan perbaikan. Tapi masalahnya sekarang kami belum bisa bergerak lantaran dua unit mobil yang kami miliki mengalami kerusakan hidrolik dan sekarang masih dalam perbaikan,” ungkapnya.

Ia menerangkan, terkait sarana pembangunan maupun perbaikan lampu di Kota biasanya diambil dari
anggaran pinjaman PT. Sarana Multi Infrastuktur (SMI), dibawa naungan Mentri Keuangan.

“Semua ini butuh proses. Salah satunya dengan melakukan Analisa Dampak Lingkungan (Amdal). Setelah itu selesai, barulah pihak SMI melakukan pengecekan falidasi dan kemudian dana itu disetujui untuk dikucurkan melalui persetujuan Mendagri,” papar Hendri.

Ia memaparkan, banyaknya lampu jalan dikawasan pantai mengalami kerusakan (Mati). itu bukan semata-mata kesalahan Pemerintah Kota (Pemkot), tetapi juga bagian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov)

“Untuk dikawasan pantai itu ada berbagai macam jenis lampu. Ada yang jenis lampu Tenaga Surya (TS) warana putih itu milik Provinsi. Dan itu tentunya kewenagan Pemprov. Sedangakan kewenagan Pemkot itu lampunya warna kuning. Maunya kita setiap ada kerusakan segera diperbaiki. Tapi dikarenakan alat kita terbatas makanya kita tunggu dulu sampe proses yang dilakukan selsai,” demikian Hendri. (cw4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close