BPBD Provinsi Bengkulu Kuatkan Kesiapsiagaan Keluarga dalam Menghadapi Bencana

BENGKULU, newsikal.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BPBD Provinsi Bengkulu melalui Bidang Pra Bencana dan dibantu oleh BPBD Kabupaten Kaur serta BPBD Kota Bengkulu, melaksanakan sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) rawan bencana. Sosialisasi ini dalam rangka menuju keluarga tangguh bencana, Kamis (29/9/2022) di Desa Suku Tiga Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur dan Selasa (18/10/2022) Tanjung Agung Kota Bengkulu.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu, Jaduliwan, SE, MM. Bersama Kepala Bidang Pra Bencana BPBD Provinsi Bengkulu, Hardeni Meidianto, ST, M.Si beserta jajarannya.

Sosialisasi yang ditanggapi antusias oleh peserta

Disampaikan Kalaksan BPBD Provinsi Bengkulu Jaduliwan, kesiapsiagaan bencana perlu dibangun sejak dini, dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga.

“Kesiapan dalam menghadapi bencana, apa, siapa dan melakukan apa pada saat terjadinya bencana dapat meminimalisir risiko dan dampak bencana di dalam keluarga, maka itu itu perlu diadakannya sosialisasi kebencanaan,” ujarnya.

Ia juga menyebut, pertolongan pertama pada saat bencana dilakukan oleh keluarga. Karena itu, dalam sosialisasi ini bertujuan pula memberikan edukasi kepada keluarga untuk dapat melakukan kesiapsiagaan dengan benar.

“Saya harap peserta sosisalisasi dapat juga menyampaikan apa yang didapat dalam sosialisasi ini kepada tetangga, sanak family dan bahkan teman-teman. Agar kesiapsiagaan di lingkungan keluarga dikuasai oleh masyarakat,” harapnya.

Dirinya juga menyebut, nantinya sosialisasi akan digelar rutin. Hal itu untuk menyebarluaskan tingkat kesiapsiagaan keluarga dalam menghadapi bencana.(kai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button