Bupati Bengkulu Utara Minta Dukungan Deputi Kemnko PMK dan Dirjen Kemen PDTT terkait pembangunan infrastruktur dan pembangunan dikawasan KTM Lagita

Bengkulu Utara, newsikal.com – Ir H Mian Bupati Bengkulu Utara menyambut kunjungan Deputi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Kemnko PMK Letjen TNI (Purn).
Dr. Sudirman,SH,MH.MM bersama Plt Direktur Jenderal pembangunan dan pengembangan Kawasan transmigrasi, Kementerian Desa PDTT, Ir Rajumber Prihatin M.Si  serta rombongan, di Balai Desa Giri Kencana. Kamis  (30/6/2022) terkait percepatan pembangunan dan infrastruktur di kawasan tumbuh baru KTM Lagita.

Dalam kunjungannya Bupati BU mengajak meninjau langsung  titik lokasi Abrasi pantai di Desa Dusun Raja Kecamatan Lais. Hal tersebut memastikan kondisi abrasi pantai yang sangat mengkhawatirkan dimana awalnya terdapat 7 titik, akibat intensitas curah hujan yang tinggi menjadi 9 titik abrasi pantai Barat di wilayah Bengkulu Utara.

Tidak menyia-nyiakan kesempatan, Bupati BU telah mengajukan usulan pembangunan infrastruktur yakni Pembangunan Jalan Air Muring-Tugu Garuda jalan Giri Mulya Ketahun, Abrasi pantai Barat Bengkulu Dusun Raja Lais, Pengamanan pantai sepanjang jalan lintas Sumatera dan jalan non status.

Lebih lanjut, Bupati BU Ir H Mian dalam paparannya menyampaikan dalam rangka peninjauan Pusat kawasan tumbuh baru KTM Lagita. Kehadiran bapak Deputi Kemenko PMK dan bapak Dirjen Kemendes PDTT dan rombongan merupakan bagian tindak lanjut menyiasati  percepatan pembangunan kawasan KTM LAGITA pusat tumbuh baru.

“Sehingga, kita berharap dua tahun terakhir 2023 – 2024 Pemerintah BU dapat lompatan yang strategis, ending-nya dari kawasan tumbuh baru bisa dirasakan oleh masyarakat menjadi bagian ekonominya barometer di Bengkulu Utara,”papar Bupati BU.

“Ada beberapa usulan yang kita sampaikan kepada deputi dan bapak Dirjen yakni terkait usulan penyediaan sarana dan prasarana RSUD KTM Lagita, lanjutan tahap pembangunan
Islamic Center, rencana pembangunan SMK Maritim, pembangunan sport center, rencana pengembangan pusat perbelanjaan pada KPB KTM Lagita dan pembangunan infrastruktur di Kab BU,”terangnya.

Pada kesempatan itu, Bupati BU Ir H Mian juga meminta dukungan kepada Deputi Kemnko PMK dan Dirjen Kemen PDTT terkait pembangunan infrastruktur dan pembangunan dikawasan KTM Lagita.

“Mudah mudahan ini semua cepat terealisasi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara sangat mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat dan tentunya juga pemerintah pusat dan provinsi,”harap Bupati BU.

Sementara itu, Deputi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Letjen TNI (Purn). Dr.  Sudirman,SH,MH.MM mengutarakan bahwa dalam rangka melaksanakan monitoring dan evaluasi bersama di BU sebagai salah satu kawasan prioritas nasional.

“Sengaja kami mengajak beberapa kementerian/lembaga terkait kebijakan transmigrasi datang ke kab BU melihat langsung kondisi perkembangan kawasan dan masyarakat di KTM Lagita,”terangnya.

“Kita tetap terus memberikan dukungan dan bersinergi untuk mewujudkan

penyelenggaran fokus pada peningkatan SDM, pemenuhan Infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,”jelas deputi kemenko PMK.

Deputi Kemenko PMK juga menyampaikan bahwa Kemenko PMK telah memfasilitasi terwujudnya penandatanganan Berita Acara kesepakatan dukungan penyelengaraan Transmigrasi oleh kementerian/lembaga terkait sehingga menjadi pendorong untuk mempermudah terwujudnya integrasi dan sinergi program/kegiatan daerah.

“Saya berharap semua dapat berkontribusi aktif dan berinovasi melakukan kerjasama dengan semua pihak,”tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Deputi Bid Pemberdayaan  kawasan dan Mobiltas Spasial Kemenko PMK, Plt Dirjen pembangunan dan pengembangan Kawasan Transmigrasi, Direktur Perencanaan dan direktur pembangunan kawasan transmigrasi Kemendes PDTT, serta perwakilan Bappenas, Kemenkes, Kementerian PUPR dan Kemnpora dan turut dihadiri Kepala OPD terkait, seluruh camat wilayah kawasan KTM Lagita dan tamu undangan.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close