Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Bupati Mukomuko Kukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

MUKOMUKO, newsikal.com – Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Balai Daerah Mukomuko, Kamis (11/5/2023).

Hadir langsung pada acara pengukuhan TPAKD Mukomuko, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bengkulu, Tito Adji Siswantoro berserta tim yang sekaligus memberikan sosialisasi mengenai tujuan dibentuknya TPAKD.

Turut hadir, Wabup Mukomuko, Wasri, perwakilan instansi vertikal di Kabupaten Mukomuko, dan sejumlah pejabat yang tergabung dalam TPAKD Mukomuko.

Bupati menjelaskan, TPAKD ini merupakan forum koordinasi antar instansi dan pemangku kepentingan dalam upaya merancang program dan mendorong inklusi keuangan atau percepatan akses keuangan. Percepatan akses keuangan sendiri merupakan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bupati Sapuan menegaskan agar tim ini segera menyusun program yang selaras dengan tujuan dibentuknya tim ini yakni terciptanya kemudahan akses keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Apa saja akses keuangan itu? Segala produk layanan keuangan dari jasa keuangan resmi, baik simpan maupun pinjaman,” paparnya.

Seluruh Anggota tim harus bersinergi bersama-sama agar akses keuangan ini terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, UMKM dan masyarakat umum secara keseluruhan.

“Akibat terhambatnya akses keuangan di daerah kita, mohon maaf masih ada masyarakat kita yang terjebak pinjaman dari jasa keuangan yang keluar dari koridor yang diatur oleh OJK. Pinjaman yang bunganya justru mencekik masyarakat. Kalau akses ini kita buka, masyarakat yang membutuhkan modal usaha, bisa memanfaatkan jasa keuangan resmi,” ujar Bupati.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala OJK Provinsi Bengkulu, Tito mengaskan, akses keuangan bagi masyarakat di daerah sangat penting. Secara nasional akses keuangan juga menjadi perhatian pemerintah pusat. Maka dari itu, ia berharap di pemerintah Kabupaten Mukomuko beserta pemangku kepentingan di daerah ini juga menjadikan percepatan akses keuangan sebagai program skala prioritas.

“Kedepan, melalui wadah TPAKD ini, OPD-OPD, kemudian jasa keuangan bisa membuat program agar akses terhadap pruduk mudah diketahui dan mudah dijangkau masyarakat,” demikian Tito.

Personalia TPAKD Mukomuko beranggota 32 meliputi, Bupati selaku pengarah, Sekda selaku penggaung jawab, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan selaku Ketua TPAKD. Kemudian Kabag Ekonomi dan SDA Setdakab Mukomuko dan OJK Provinsi Bengkulu selaku Sekretaris I dan Sekretaris II tim ini.

Selanjutnya anggota TPKAD diisi oleh sejumlah kepala dinas dan dan kepala badan di lingkungan Pemkab Mukomuko, kepala instansi vertikal, pemimpin cabang jasa keuangan di Mukomuko, dan beberapa orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Bagian Ekonomi Setdakab Mukomuko. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page