Bupati Mukomuko Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Bangsal TPU Desa Sumber Makmur Lubuk Pinang

MUKOMUKO, newsikal.com – Bupati Mukomuko H. Sapuan menghadiri dan melakukan peletakan batu pertama Pembangunan Rumah Bangsal Tempat Pemakaman Umum (TPU) di SP 8, Desa Sumber Makmur Kecamatan Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko, Jumat (13/1/23).

Dalam kesempatan itu Bupati Mukomuko mengatakan, “Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kekompakan dan kreativitas masyarakat Desa Sumber Makmur. Dengan adanya Balai Makam ini, masyarakat desa dapat melestarikan budaya atau kearifan desa, tentu dengan adanya Balai Makam ini sebagai wujud kearifan lokal dan budaya kita agar bersama sama kita lestarikan untuk “keragaman” kita di Kabupaten Mukomuko,” ungkap Bupati Sapuan.

Bupati juga menyampaikan dalam percepatan pembangunan balai makam ini, Pemerintah Daerah berupaya untuk memberikan kontribusi. Agar pembangunan ini bisa cepat selsai dikerjakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat desa.

‘’Apa yang telah dilaksanakan masyarakat desa bersama Pemerintah Desa Sumber ini patut di apresiasi dan dicontoh oleh desa lain. Bahwasanya setiap “upgrade” pembangunan harus diawali dari tingkat bawah, sehingga pemerintah daerah tinggal meneruskan,’ pungkas Bupati Sapuan.

Ditempat yang sama Kades Sumber Makmur Hadi Sulistio menyampaikan, rasa terimakasih atas kunjungan Bupati Mukomuko untuk peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Bangsal TPU di desanya.

Kades Sumber Makmur ini juga menjelaskan bahwa tokoh masyarakat sudah lama merencanakan pembangunan balai makam ini, ” Hanya saja masih terkendala dengan dana untuk pembangunan. Namun sekarang impian masyarakat bisa terwujud meskipun pembangunannya secara bertahap,” sebut Kades Hadi Sulistio.

Dilanjutkannya, adapun kegunaan Balai Makam ini sebagai tempat masyarakat desa jika melakukan aktivitas di makam, baik itu ziarah maupun tradisi nyadran yang dilaksanakan setiap tahunnya menjelang bulan suci Ramadhan.

‘’Setiap tahun menjelang ramadhan warga desa rutin melaksanakan “nyandran atau doa bersama untuk mendoakan leluhur. Tradisi ini merupakan tradisi yang masih kental di masyarakat Jawa. Sehingga balai makam ini sangat diperlukan untuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di makam atau TPU Desa ini,’’ ujar Kades Hadi.

Dalam kesempatan itu, Kades Sumber Makmur juga menyampaikan usulan pembangunan jalan poros desa yang sudah bertahun-tahun rusak parah kepada Bupati.

“Mengingat, Sumber Makmur merupakan satu-satunya desa di Kecamatan Lubuk Pinang yang memiliki jalan poros yang sudah rusak parah. Sedangkan Desa Sumber Makmur setiap tahun terus mengalami peningkatan pajak. Bahkan di tingkat Kecamatan Lubuk Pinang, Desa Sumber Makmur merupakan desa tertinggi realisasi pajaknya.

‘’Kami berharap jalan poros desa ini segera di perbaiki, kalau bisa di tahun ini sudah diperbaiki oleh pemerintah daerah. Karena jalan poros desa ini sangat menunjang perekonomian warga desa,’’ pinta Kades Sumber Makmur.

Hal senada juga disampaikan Camat Lubuk Pinang, Firdiantoni, SE yang berterimakasih atas kesediaan Bupati Mukomuko untuk peletakan batu pertama pembangunan Rumah Bangsal TPU yang berada di Desa Sumber Makmur dan menyampaikan Apresiasi.kepada Pemdes dan warga Desa Sumber Makmur yang begitu kompak.

“Dimana dengan inisiatif dan semangat yang luar biasa masyarakat bisa membangun Balai Makam dengan cara swadaya. Tentunya semangat kebersamaan ini bisa memberikan contoh dan motivasi bagi desa lainnya yang ada di Kecamatan Lubuk Pinang,” sebut Camat Firdiantoni.

‘’Pemerintah Kecamatan sangat mengapresiasi sekali pembangunan Rumah Bangsal yang berada di TPU Desa Sumber Makmur, inisiatif Pemdes dan warganya sangat luar biasa. Apalagi peletakan batu pertama pembangunnya di hadiri langsung oleh Bupati, ini sebuah kebanggaan bagi warga atas kesediaan bapak Bupati yang hadir disini,” tutur Camat Lubuk Pinang mengakhiri.(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button