Dengan Program UMI, Anarulita: Ekonomi Perempuan Akan Sejahtera

BENGKULU, newsikal.com – Dalam upaya meningkatkan taraf perekonomian masyarakat terkhusus perempuan di Provinsi Bengkulu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Anarulita Muctar meluncurkan program pembiayaan Ultra Mikro (UMI). Program ini diluncurkan pada sosialisasi empat pilar kebangsaan di kediamannya jalan Sungai Rupat (3/6/2018).

Banyaknya permasalah modal dalam memulai Usaha Kecil Menengah (UKM), serta sulitnya proses peminjaman uang di perbankan terkhusus bagi perempuan Indonesia menjadi perhatian besar Komisi 11 DPR RI, yang juga bermitra dengan Kementerian Keuangan dalam meningkatkan taraf perekonomian. Program Koperasi UMI ini diluncurkan di beberapa provinsi termasuk di Provinsi Bengkulu.

“Program yang sudah ada di provinsi lain, saya perjuangkan untuk Bengkulu, Saya yang berada di Komisi 11 DPR RI yang juga sebagai mitra Kementerian Keuangan meminta terkhusus untuk Bengkulu program UMI harus diadakan, mengingat Provinsi Bengkulu butuh program tersebut,” ujarnya.

Berdasarkan besarannya Anarulita menjelaskan, untuk taraf awal program UMI akan merangkul 35 orang, dengan sistem pembayaran tergolong murah, karena kecilnya angsuran per minggunya. Pihak penagih program ini pun juga ada di tiap kecamatan.

“Program tersebut dapat diakomodir perbulannya 35 orang dengan pinjaman 2 juta rupiah, nanti sudah setahun pengembalian 2,5 juta rupiah. Sistem pembayarannya Rp 50 ribu perminggu, nanti setiap kecamatan ada 10 petugas penagihan,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, program ini sama sekali tidak menggunakan anggunan atau jaminan apapun.

“Syarat tidak ribet dan sulit seperti di perbankan, apalagi harus pakai anggunan, cukup KTP sama KK. Tidak harus punya usaha, yang baru mulai usaha juga diperbolehkan meminjam, syarat kususnya ya perempuan. Karena program UMI untuk perempuan, dengan harapan nantinya perempuan di Provinsi Bengkulu bisa lebih maju,” tutupnya

Sosiqlisasi yang berlangsung selama satu jam setengah ini dihadiri seluruh RT/RW se Kota Bengkulu.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close