Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Didampingi Kepala BPJAMSOSTEK Bengkulu, Bupati Seluma Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan Kepada Nelayan Ilir Talo

Bengkulu, newsikal.com – M.Nuh selaku Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK cabang Bengkulu kembali mendampingi Bupati Seluma Erwin Oktavian menyerahkan kartu kepesertaan kepada nelayan di Kabupaten Seluma.

Secara simbolis, kartu kepesertaan diserahterimakan kepada perwakilan Nelayan desa Penago I Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma, Selasa (30/5).

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu, M.Nuh menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Seluma karena sudah mempercayakan BPJAMSOSTEK yang merupakan program negara untuk melindungi pekerja rentan di wilayah Kabupaten Seluma.

Untuk perlindungan yang diberikan berupa, jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

M.Nuh menjelaskan, dengan didaftarkan menjadi peserta BPJAMSOSTEK, maka para nelayan akan mendapatkan perlindungan pada saat terjadi resiko kecelakaan kerja.

“Maka seluruh biaya medis akibat kecelakaan kerja menjadi tanggung jawab BPJAMSOSTEK,” terangnya.

Jika terjadi meninggal dunia akibat kecelakaan kerja, ahli waris peserta akan mendapatkan santunan berupa uang sebesar 48 kali upah peserta.

Bahkan lanjut M.Nuh, apabila terjadi meninggal dunia biasa bukan akibat kecelakaan kerja dan kepesertaan sudah berlangsung selama 3 tahun. Maka nelayan yang terdaftar meninggal dunia, BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung biaya sekolah anak yang bersangkutan dari SD hingga ke jenjang universitas.

“Bilamana lancar sampai 3 tahun ke depan, namun ada yang meninggal dunia biasa bukan dikarenakan kecelakaan kerja di tahun ke 3. Maka peserta yang punya anak kecil ditanggung BPJS Ketenagakerjaan untuk biaya pendidikannya,” tutupnya.

Bupati Seluma menambahkan, “Ini bentuk peduli terhadap nelayan, karena kita tak tau resiko kerja,” terangnya.

Nelayan merupakan pekerja rentan yang memerlukan perhatian, perlindungan serta kebijakan dari Pemerintah. Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam UUD 1945 dan UU No 17 Tahun 2016.

“Semoga kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup para nelayan,” harap Bupati.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Seluma telah menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada 450 nelayan di Muara Maras Kecamatan Semidang Alas Maras.

se-Kabupaten Seluma, total nelayan yang didaftarkan oleh Pemerintah Kabupaten Seluma kedalam program BPJS Ketenagakerjaan melalui APBD Kabupaten Seluma tahun anggaran 2023 berjumlah 1.200 dari 1.789 nelayan. Kepesertaan ini akan diperbarui setiap satu tahun sekali.(rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page