Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Gelar Lomba Desa Wisata

BENGKULU, newsikal.com – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu melalui Sekretaris Dinas Almidianto mengatakan bahwa akan digelar lomba desa wisata 2022 mulai Oktober 2022 mendatang.

“Lomba ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam mendorong eksistensi desa wisata. Harapannya geliat para pelaku jasa wisata akan semakin baik dan mampu mendorong peningkatan ekonomi desa,” kata Almidianto, Rabu (28/09/2022).

Almidianto mengaku, nantinya masing-masing desa wisata akan saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Dalam agenda ini, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu akan mencari 10 desa wisata terbaik di kabupaten Provinsi Bengkulu. Dari 10 desa wisata terbaik tersebut, nantinya akan diambil sebanyak 5 desa wisata.

“Nanti seluruh desa wisata di Bengkulu akan berkompetisi dan diambil 10 besar, baru kemudian dari 10 besar akan diambil sebanyak 5 desa wisata terbaik di Bengkulu,” jelas Almidianto.

“Silakan masing-masing desa wisata untuk berkreasi serta mengirimkan berkas administrasi yang diperlukan meliputi wisata yang ada di desa dan potensi kearifan lokal yang bisa dijual di desa wisata,” ujarnya.

Setelah memasukkan berkas administrasi tersebut, nantinya desa wisata akan diseleksi oleh tim khusus yang paham tentang pariwisata. Dimana seleksi administrasi tersebut nantinya akan dilakukan selama 5 hari sejak 18-22 Oktober 2022.

Jika desa wisata tersebut lulus administrasi maka nantinya akan dilakukan pemilihan desa pariwisata terbaik di Bengkulu. Jadwal pemilihan desa wisata terbaik akan dilakukan mulai 23-25 Oktober 2022.

Indikator kunci tersebut menentukan apakah desa wisata tersebut bisa dikatakan sebagai desa wisata terbaik di Bengkulu.

“Nanti dari 10 besar itu akan diambil 5 besar dan itu diumumkan pada 18 November 2022,” ungkapnya.(red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button