Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Direktur Fixpoll : Money Politik Tidak Akan Merubah Pilihan Rakyat

BENGKULU, newsikal.com – Direktur Eksekutif Fixpol Lembaga survei Indonesia, Muhammad Anas berkomentar terkait peristiwa politik terakhir.

“Kegiatan money politik tidak bisa merubah hasil akhir,” jelas Anas ketika diserbu wartawan di sebuah Cafe di Kota Bengkulu, Senin (7/12/20).

Karena menurut Anas money politik hanya bisa merubah maksimal 3% suara, sedangkan selisih survey terakhir di atas 10%. Dan menurutnya kebanyakan penerima money politik mereka menerima tetapi tidak memilih, ada yang tidak mau menerima money politik, hanya sedikit yang menerima money politik dan memilih.

Menurut Anas, ada empat hal yang berpengaruh besar pada elektabilitas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Tahun 2020. Pertama adalah kekuatan figur dan kinerja bahwa ada terobosan besar yang dirasakan masyarakat saat Calon menjabat, kebetulan ketiga kandidat pernah menjabat.

“Kita tahu Pak Helmi menjabat Walikota, Pak Rohidin Gubernur Bengkulu dan Pak Agusrin pernah jadi Gubernur. Masyarakat akan melihat siapa diantara ketiganya yang mempunyai terobosan besar ketika memimpin,” jelasnya.

Selanjutnya menurut Anas, penampilan debat juga berpengaruh pada elektabilitas Paslon, bagaimana  Paslon menguasai panggung, bagaimana performance meyakinkan publik dengan ulasan dan bahasa yang mudah dipahami masyarakat.

“Tentu Paslon yang tidak banyak retorika dan tidak muluk-muluk akan lebih mudah dipahami masyarakat,” ungkap Anas.

Kemudian hal yang berpengaruh pada elektabilitas calon menurut Anas adalah masifnya deklarasi dukungan komunitas, kelompok masyarakat terhadap Paslon sebulan terakhir.

“Terakhir adalah pengaruh strong voters, yaitu pemilih yang tidak mungkin berubah dengan alasan apapun. Masing-masing Paslon mengalami kenaikan, Agusrin Imron sebesar 35,9%, Rohidin Rosjonsyah 22,3% dan Helmi Muslihan 11,2%,” jelasnya.

Terakhir menurut Anas, survei terakhir yang mengunggulkan Agusrin Imron tidak akan jauh berubah karena peristiwa-peristiwa politik di detik terakhir.

Diawal wawancara, Anas mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya salah satu Cawagub Provinsi Bengkulu, Muslihan DS.

“Saya secara pribadi menyampaikan belas sungkawa atas meninggalnya Bapak Muslihan DS Cawagub nomor urut 1,” ucapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page