Disparpora Mukomuko Tinjau Pokdarwis dan Lokasi Wisata Desa Pasar Ipuh

MUKOMUKO, newsikal.com – Potensi Kabupaten Mukomuko terkait objek wisata memang begitu menarik perhatian, baik dari danau, air terjun dan pantainya ditambah juga objek wisata yang ada di desa. Maka itu, rombongan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menggelar kegiatan peninjauan ke Pokdarwis Desa Pasar Ipuh, tepatnya di Pantai Abrasi Ipuh Desa Pasar Ipuh, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Jum’at (13/1/23).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Pariwisata Kabupaten Mukomuko beserta Duta Wisata, Camat Ipuh berserta staf, Kepala Desa Pasar Ipuh, BPD, Anggota Pokdarwis Pasar Ipuh serta undangan kepala desa yang ada di Kecamatan Ipuh.

Foto bersama usai diskusi terkait pariwisata Mukomuko

Dalam kegiatan peninjauan Kadis Disparpora Kabupaten Mukomuko melalui Kabid Pariwisata Rizkan, SE menjelaskan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dinilai sangat penting agar geliat perekonomian di masyarakat meningkat.

“Peran aktif masyarakat dalam kegiatan pariwisata sangatlah penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kenyamanan termasuk peran aktif menjaga sarana pariwisata itu sendiri,” ucap Rizkan.

Rizkan juga menambahkan kegiatan peninjauan Pokdarwis Desa Pasar Ipuh Kecamatan Ipuh, bertujuan untuk mengevaluasi program dan aspek pendukung lainnya yang ada di Pokdarwis Desa Pasar Ipuh.

“Kami (Diasparpora,red) terus berupaya maksimal untuk melakukan penataan dan pembinaan kepada Pokdarwis yang ada di Kabupaten Mukomuko, serta mengajak masyarakat lebih peduli dan pro aktif serta ikut berperan langsung untuk menjaga, mengawasi dan melestarikan objek-objek wisata yang ada di daerah ini,” ungkapnya.

Camat Ipuh, Buyung Andri, S.Sos mengapresiasi program yang di gerakan oleh pihak Disparpora Kabupaten Mukomuko yang sudah berperan aktif dalam progres Desa Wisata kami berharap, semoga Pokdarwis Desa Pasar Ipuh dapat berkembang.

“Karena dapat diketahui Pokdarwis adalah salah satu cara menggiring masyarakat agar peduli dan mampu menjaga karena desa wisata merupakan salah satu motor penggerak perekonomian di desa,” ucap Camat.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Pasar Ipuh, Anang Topriansyah mengucapkan terimakasih kepada Disparpora Kabupaten Mukomuko yang sudah memfasilitasi dan memberikan edukasi dalam terwujudnya Pokdarwis Desa Pasar Ipuh.

“Semoga ini menjadi langkah dan motivasi kepada kelompok masyarakat  yang ada di Desa Pasar Ipuh untuk mengembangkan lini pariwisata serta menjunjung kearifan lokal yang ada,” tutur Anang.

Senada dengan itu, Ketua Pokdarwis Desa Pasar Ipuh, Anjas juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Disparpora Kabupaten Mukomuko, pemerintahan desa dan kecamatan yang sudah memberikan support serta semangat.

“Kami berupaya maksimal agar pengembangan pariwisata yang ada di Desa Pasar Ipuh menjadi hebat dan bermanfaat bagi semua masyarakat,” pungkas Anjas.

Diketahui Pokdarwis Desa Pasar Ipuh sudah memprogramkan di lini pariwisata antara lain wisata bahari, wisata kuliner, budaya dan agro wisata. Karena posisi Pantai Abrasi Pasar Ipuh berdekatan dengan sawah, ditambah dalam waktu dekat ini Pokdarwis Pasar Ipuh akan melaksanakan penghijauan di pantai yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko dan Provinsi Bengkulu.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button