DKPP RI Minta KPU Provinsi Secepatnya Laksanakan Sanksi dari Putusan

BENGKULU, newsikal.com – Tim Pemeriksa Daerah DKPP RI meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu segera melaksanakan sanksi atas putusan yang ditetapkan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) 263-PKE-DKPP/VIII/2019, Rabu lalu. Dalam putusan tersebut, KPU Provinsi hanya diberi waktu 7 hari untuk segera laksanakan sanksi tersebut.

Seperti yang disampaikan Tim Pemeriksa Daerah DKPP RI, Fahmi Lubis, memang sebagai eksekutor, KPU Provinsi harus segera laksanakan sanksi ini.

“Secepatnya, KPU Provinsi melakukan pergantian Ketua KPU Kota Bengkulu dan menyampaikan surat teguran keras pada komisioner lainnya,” ujarnya.

Selain itu, KPU Provinsi selanjutnya memerintahkan juga Bawaslu Provinsi untuk mengawasi pelaksanakan putusan DKPP tersebut.

Disampaikannya, saat dpertanyakan dengan status caleg terpilih tersebut (red,Nuzuludin), ia menyampaikan putusan ini tidak mempengaruhi status caleg karena putusan DKPP lebih pada ranah etik penyelenggara pemilu.

“Jadi sanksi DKPP itu hanya untuk Komisioner KPU Kota, karena dianggap tidak profesional dalam menjalankan tugas dan kewenangannya sebagai penyelenggaraan,” ungkapnya.

Sedangkan, putusan ini juga tidak mempengaruhi hasil pemilu.(kay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close