DPRD Bengkulu Utara Sidak Puskesmas Seblat Putri Hijau

BENGKULU UTARA, newsikal.com – Komisi 1 DPRD Bengkulu Utara yang dimpin oleh Ketua Komisi I, Febri Yurdiman gelar inspeksi mendadak (sidak) ke pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Perawatan Seblat, Kecamatan Puteri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, Jumat (17/1/2020).

Dalam sidak ini dewan menemukan kejanggalan, bendahara puskesmas menyebutkan ada setoran 10% setiap pencairan klaim BPJS dari tahun 2017-2018.

Dalam temuan sidak ini Ketua komisi 1 DPRD Bengkulu Utara, Febri yudirman mengaku pihaknya cukup terkejut mendengar adanya setoran ke Dinkes tersebut.

“Bendahara puskesmas menyebutkan ada setoran 10% dari setiap pencairan klaim BPJS, kejadian ini sudah terjadi sejak tahun 2017-2018,jujur saja kami terkejut mendengar pernyataan tersebut. Namun, ketika ditanya detil peruntukan setoran tersebut, bendaharapun tidak tahu. Sebab kalaupun setoran itu legal seharusnya ia mampu menjelaskannya, karena angkanya cukup besar,” ujar.

Ia jua menyebutkan, tidak hanya persoalan setoran yang mereka temukan dalam sidak tersebut.

“Seperti persoalan mobil ambulannce dengan kondisi ban gundul dan tidak tidak terawat. Dengan luas wilayah dan rentang jarak pemukiman warga cukup jauh dari fasilitas kesehatan, peran ambulance itu tidak bisa dianggap spele. Makanya ia harus stand by dalam kondisi fit, sehingga tidak mengurangi mutu pelayanan pada masyarakat,” ucapnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan segera memanggil pihak Dinkes Bengkulu Utara terkait beberapa problem tersebut.

“akan kita cari tahu detailnya setoran tersebut. Apakah memang berlaku di seluruh Puskesmas se Bengkulu Utara ini? Jika memang ada aturannya kita mau lihat dan bedah, termasuk untuk apa saja penggunaannya,” ungkap Febri.

Sebap, lanjutnya, setoran 10% ke Dinkes itu, pasti berdampak pada terganggunya pelayanan pada masyarakat.

“Kesejahteraan petugas dikurangi. Bahkan mungkin gara-gara itu juga puskesmas tidak mampu mengganti ban mobil ambulanance yang sudah gundul satu bulan ini,” tutupnya.

Namun, ia tetap menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya pada seluruh petugas Puskesmas tersebut, mengingat di tengah berbagai persoalan dan kekurangan fasilitas, mereka tetap siaga dan bertugas dengan baik.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close