Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Elektabilitas Rohidin dan Agusrin Beda Tipis

BENGKULU, newsikal.com – Pemilihan Gubernur Bengkulu bakal digelar 23 September 2020. Akan dilakasankan serentak bersamaan dengan 269 daerah lain di berbagai tingkatan di Indonesia.

Sejauh ini, sejumlah nama bermunculan mengenalkan diri, bersosialisasi sembari berharap meraih dukungan dan simpati publik. Aspek popularitas, kesukaan dan elektabilitas menjadi target utama para bakal calon agar bisa diusung dan ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur.

Diaspora Research Strategi sebagai lembaga riset sosial kemasyarakatan dan pemilu, baru-baru ini melakukan survei perilaku pemilih di Provinsi Bengkulu. Survei dilakukan pada tanggal 2-7 Maret 2020 dengan mewawancarai 700 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage rondom sampling), dengan margin of error kurang lebih 3,75 persen dan tingkat kepercayaan 95%.

Populasi survei ini adalah seluruh warga Provinsi Bengkulu yang berumur 17 tahun atau lebih atau juga yang sudah menikah.

Hasil survei berhasil memotret peta dukungan terkini masyarakat Bengkulu terhadap sejumlah nama yang diuji. Pertama, secara popularitas, tujuh nama yang paling populer di Provinsi Bengkulu saat ini adalah Rohidin Mersyah 79,1 persen, Agusrin M Najamuddin, 76,4 persen, Helmi Hasan 64,8 persen, Ahmad Hijazi 57,1 persen, Imron Rosadi 56,6 persen, Izda putra, 38,5 persen, dan Ferry Ramli 37,5 persen.

Nama lain di bawah 30 persen. Begitu pula tingkat kesukaan, 7 nama tersebut cenderung disukai ketimbang nama lainnya.

Kedua, secara elektabilitas, jika pilgub Bengkulu dilaksanakan pada hari ini, maka nama Rohidin Mersyah mendapat dukungan sebanyak 20,6 persen, disusul Agusrin Najamudin 16,2 persen, Helmi hasan 7,8 persen, Ahmad Hijazi 4,1 persen, Izda Putra 4,0, Imron Rosyadi 3,8 persen, Ferry Ramli 2,8 persen dan Rosjonsyah Syahili 2,4 persen. Nama lain dibawah dua persen, sedangkan yang belum menentukan pilihan mencapai 32,0 persen.

Peta dukungan cenderung tidak mengalami perubahan signifikan ketika dilakukan simulasi dengan menguji 7 nama. Rohidin Mersyah mendapat dukungan sebesar 21 persen, disusul Agusrin Najamuddin 16,2 persen, Helmi Hasan 7,8 persen, Ahmad Hijazi 4,1 persen, Izda Putra 4,1 persen, Imron Rosyadi 3,8 persen dan Ferry Ramli 2,8 persen. Sebaliknya yang belum menentuka pilihan naik signifikan menjadi 40,2 persen.

Dengan demikian, dari peta tersebut dapat disimpulkan bahwa hingga saat ini belum ada nama yang betul-betul dominan mendapat dukungan pemilih jelang pilgub Bengkulu. Hal ini ditunjukan dengan selisih elektabilitas yang tidak terpaut jauh antara peringkat pertama elektabilitas (Rohidin Mersyah) dengan peringkat kedua elektabilitas (Agusrin Najamuddin) yakni kisaran antara 4-5%. Juga ditunjukkan dengan masih tingginya pemilih yang belum menentukan pilihan mencapai kisaran 30-40%, jauh lebih tinggi dari raihan elektabilitas sekuruh nama yang diuji.

Artinya disisah waktu pelaksanaan pilkada yang masih relatif, nama petarung pilgub Bengkulu 2020 masih sangat terbuka lebar. Setiap nama masih punya kesempatan untuk mendapatkan dan menaikkan dukungannya dari pemilih.

Semua tergantung pada kerja keras dan stratagi pendekatan untuk meraih simpati pemilih.

Tidak adanya nama yang dominan pada pilgub Bengkulu kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor: (1) kinerja inkamben (Rohidin Mersyah) belum maksimal mengingat waktu dan masa jabatan relatif singkat (baru definifit di etapkan sebagai gubernur sejak akhir 2018) sehingga tingkat kepuasannya di bawah 50%, (2) mayoritas nama yang muncul mencalonkan diri adalah inkamben (mantan gubernur dan walikota/bupati) dimana konstituennya relatif terjaga dengan ikut berperannya mereka dalam sejumlah ajang kompetisi terutama pada pemilu 2019 beberapa watu lalu.

Temuan menarik lainnya dari survei ini adalah munculnya nama baru yang cukup mendapatkan tempat dan sambutan dari pemilih, yaitu nama Izda Putra (elektabilitas 4%). Salah satu sebabnya adalah survei mendeteksi pergerakan Izda Putra yang notabene bukanlah inkumben cukup progresif dan menempati urutan ke tiga dalam hal sosialisasi di masyarakat.

Temuan ini sekaligus menyiratkan bahwa ke depan yang sangat menentukan dukungan pemilih adalah kerja keras dan sosialisasi yang maksimal dari para bakal calon gubernur.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page