Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Eri Yulian Hidayat Hadiri Perayaan Hari Jadi Museum ke 34 Tahun

BENGKULU, newsikal.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat menghadiri perayaan hari jadi Museum Negeri Bengkulu yang ke 34 tahun (1/4/2022). Dalam momen ini, dirinya sangat mengapresiasi eksistensi museum yang kian hari kian meningkat.

Dirinya juga menilai museum terus melakukan kegiatan-kegiatan positif dalam meningkatkan eksistensinya. Banyak kegiatan dan lomba yang digelar sebagai ajang promosi museum.

“Dengan usia 34 tahun saya harap museum terus muncul ke permukaan. Agar museum diminati wisatawan yang datang ke Bengkulu,” ucapnya.

Eri Yulian juga berharap, museum terus kreatif bahkan inovatif untuk melaksanakan kegiatan. Supaya promosi-promosi yang dilakukan bisa tepat sasaran.

Perayaan ini dibuka oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar

Pada momen ini, Khairil Anwar juga menyebut museum harus menjadi destinasi atau tujuan wisata budaya yang diminati. Jadi dirinya menginginkan eksistensi museum terus ditingkatkan baik itu promosi langsung dan tidak langsung.

“Bisa berupa expose program dan kegiatan di media cetak, online maupun elektronik. Gelar juga lomba-lomba yang mampu meningkatkan eksistensi museum,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan Museum Negeri Bengkulu belum terlalu dikenal, oleh karena itu banyak orang yang belum menjadikan museum  sebagai salah satu destinasi favorit di Bengkulu. Padahal ada banyak sejarah budaya yang layak diketahui dan dipelajari di sini.

“Koleksi-koleksi dari zaman pra sejarah hingga zaman kemerdekaan merupakan salah satu sarana belajar edukasi bagi pelajar maupun masyarakat umum. Melalui museum kita dapat melihat benda-benda tersebut dan mengetahui fungsi, kegunaan, serta sejarah dari koleksi museum,” ungkapnya.

Dirinya juga meminta museum membentuk komunitas. Melalui komunitas ini promosi museum bisa semakin lebih optimal.

Adapun kegiatan puncak peringatan HUT Museum dilakukan dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba yang telah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya oleh Museum Negeri Bengkulu.

Untuk diketahui Berdasarkan SK Mendikbud RI No. 0754/0/1987, Museum Negeri Provinsi ditingkatkan statusnya menjadi unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Direktorat Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peresmian dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 1988 oleh Direktur Jendral Kebudayaan G.B.P.H. Poeger, Drs. dengan nama Museum Negeri Provinsi Bengkulu.(prw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page