Event Nasional, Festival Tabut 2018 akan Dihadiri Menpar RI

BENGKULU, newsikal.com – Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya direncananakan akan hadir dalam Festival Tabut 2018. Kegitan yang diggelar setiap 1-10 Muharram ini memang menjadi daya tarik wisata bagi Provinsi Bengkulu, terlebih setelah ditetapkan menjadi salah satu event nasional.

“Mudah-mudahan beliau dapat hadir di perayaan Tabut yang pertama sekali ini menjadi event Nasional,” jelas Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani saat memimpin Rapat Persiapan Festival Tabut 2018, Jumat (8/6/2018) di Ruang Rapat Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu.

Yuliswani menjelaskan, harus ada persiapan yang matang untuk menonjolkan ritual-ritual Tabut kepada wisatawan, sebab menurutnya yang spesial dari Tabut adalah kegiatan ritualnya.

“Kita putuskan bahwa mereka harus latihan lebih baik lagi, kemudian H-2 kita minta mereka akan gladi resik dulu, kita yakin bahwa Tabut ini memang sangat menarik untuk para wisatawan,” jelas Yuliswani.

Ia pun menambahkan, agar dapat dibuat pemisah antara masyarakat yang menonton dan KKT yang sedang melakukan ritual, selain untuk menjaga kondusifitas juga memudahkan media maupun wisatawan dalam mengabadikan moment ritual Tabut.

“Jika ini dilakukan, orang akan lebih fokus kepada prosesi adat yang dilakukan, selain memudahkan wartawan maupun juru foto dalam mengambil gambar,” ungkap Yuliswani.

Hadir dalam rapat ini, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Yudi Satria, Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) Bengkulu, serta beberapa instasi terkait lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close