GenBI Bukan Sekedar Bantu Financial

BENGKULU, newsikal.com – Generasi Baru Indonesia (GenBI) “Goes to Campus”, kali ini GenBI Bengkulu sosialisasikan beasiswa Bank Indonesia kepada mahasiswa Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Senin (26/3/2018) di auditorium IAIN. Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra dan Wakil Rektor III IAIN Bengkulu, Dr. Syamsudin, M.Pd.

Dalam sambutannya, Endang mengharapkan, mahasiswa IAIN antusias untuk bergabung di GenBI. Karena, GenBI bukan hanya sekedar membantu finansial saja, tapi juga bantu mengembangkan karakter mahasiswa.

Ia juga menyampaikan, dibentuknya GenBI, selain bisa lebih dekat dengan BI, penerima beasiswa juga bisa menjadi pemimpin bangsa ke depan. Menurutnya, 99 persen pengaruh besar dalam dunia kerja ditentukan dengan prilaku atau aklhak yang baik.

“Aset terbesar negara ini adalah diri kita sendiri. Maka itu, kami bangun generasi bangsa dengan memberikan beasiswa. Pasti masih ada di setiap sudut negara yang berbakat, namun masih perlu dibantu dan BI hadir di sana,” ujarnya di hadapan ratusan mahasiswa/i IAIN.

Dijelaskanya, Bank Indonesia tidak main-main. BI akan mengirim terus GenBI uuntuk dilatih leadershipnya. Bahkan yang membina yakni gubernur BI lngsung, ini akan tercipta pemimpin-pemimpin baru yang hebat di Indonesia.

“Saat ini kita hidup dalam perang gagasan. Jadi kita juga harus punya gagasan yang hebat. Contohnya, bagaiamana perusahaan Blue Bird bisa dikalahkan Gojek. Nah, kami harap mahsiswa IAIN juga seperti itu, ciptakan gagasan yang hebat,” ungkapnya.

Memang, lanjutnya, saat ini BI baru memberi beasiswa dari semester 2 sampai semester 6 saja. Dia harapkan, ini akan meningkat bahkan bisa full.

Saat ini IAIN dan UNIB memang belum dapat beasiswa unggulan. Namun, tahun ini BI menambah 25 persen perbulan

“Jumlahnya juga kami tambah, dari 40 menjadi 50 orang. Saya harap, penerima bisa memanfaatkan sisa beasiswa dengan baik, agar tidak menyusahkan orang tua lagi,” cetusnya.

Ia berharap, semoga GenBI dan BI bisa bekerja sama untuk membina dan menciptakan genearsi baru yang memiliki karakter hebat dan menang dalam ajang GenBI nasional.

Wakil REKTOR III IAIN, Dr. Syamsudin, M.Pd, memberikan motivasi kepada mahasiswa IAIN berlomba untuk bisa bergabung di GenBI. Agar menjadi generasi cerdas dan intelektual.

Tidak hanya itu, ia juga menuntut mahasiswa untuk kreatif dan inovatif.

“Satu lagi spiritual. Karena, menurutnya, 16 persen manusia di dunia belum mengerti adanya tuhan. Maka itu, keimanan harus benar-benar ditingkatkan,” katanya.

Dirinya juga ingin, mahasiswa IAIN bisa cerdas profesional, cerdas berorganisasi dan cerdas teknologi. Baginya ini adalah upaya antisipasi untuk menghindari pecah belah bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close