Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Hadir di Lokakarya ke 7 PPGP Angkatan 6, Pemkab Mukokmuko Berharap “Perubahan” Yang Lebih Baik Dari Para Guru

MUKOMUKO, newsikal.com – Asisten I Setdakab Mukomuko Haryanto,SKM buka acara Pendampingan Kelompok (Lokakarya) 7 Panen Hasil Program Pendampingan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 6 Kabupaten Mukomuko Tahun 2023 di Gedung PGRI Mukomuko, Kelurahan Bandaratu Kabupaten Mukomuko, Minggu (30/4/23).

“Bahwa tujuan utama dilaksanakan PGPP adalah untuk membekali para guru berupa kompetensi pembelajaran (instructional leadership) guna mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila,” sebut Haryanto saat dikonfirmasi seusai kegiatan itu,

Mantan Kadis PMD Kabupaten Mukomuko ini juga menyebutkan bahwa ada 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh calon guru penggerak yakni, memimpin upaya pengembangan lingkungan belajar, memimpin perencanaan dan pelaksanaan proses belajar dan memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar serta melibatkan orang tua/wali murid peserta didik sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah.

“Selain itu,ke 4 point ini harus berpijak pada kondisi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik (wellbeing)” ungkap Asisten I yang akrab disapa pak Har ini.

Selain itu, Asisten I juga menyampaikan bahwa calon guru penggerak harus harus menjadi agen transformasi ekosistem pendidikan.

“Dengan cara menggemukkan komunitas praktis untuk rekan guru disekolah dan wilayahnya, kemudian menjadi mentor (coach)bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran disekolah, bisa berkolaborasi dengan pemangku kepentingan, baik didalam ataupun diluar lingkungan sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, serta mampu mendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan peserta didik di sekolah,” ungkapnya.

Eks Kepala Balitbangda Kabupaten Mukomuko ini juga memaparkan bahwa tujuan utama dari PPGP ini adalah untuk membekali para guru dalam mewujudkan kepemimpinan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik sekaligus mampu menjadi agen transformasi ekosistem pendidikan di sekolah.

“Terlepas lulusan guru penggerak tersebut menjadi kepala sekolah atau tidak semua berpulang kepada motivasi ataupun niat masing-masing, sebab agama kita mengajarkan melalui Hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi, setiap amal perbuatan seseorang tergantung dari niatnya, dan sungguh tiap tiap urusan tergantung dari apa yang diniatkan,” papar Haryanto menyebutkan Hadist yang diriwayatkan Umar Bin Khattab.

Disisi lain, Asisten I juga menghimbau dan berharap kepada para calon guru penggerak peserta untuk bisa mengimplementasikan ilmunya dalam kegiatan belajar mengajar disekolah.

“Segera tebarkan ilmu yang didapat, untuk mencerdaskan anak bangsa kita dan selain juga mampu berkolaborasi dengan semua guru yang ada untuk meningkatkan kompetensi dan inovasi di bidang pendidikan demi untuk mewujudkan dan mendukung tranformasi ekosistem pendidikan yang sesuai dengan program nasional,” Pungkasnya (r/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page