Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Hadiri Musrenbang Kecamatan Lubuk Pinang, Ketua DPRD: Bentuk Kehadiran Wakil Rakyat Untuk Melihat Langsung Usulan Yang disampaikan Masyarakat

MUKOMUKO, newsikal.com-Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko M.Ali Saftaini SE disela Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Lubuk Pinang di Kantor Camat Lubuk Pinang, Senin (13/2/23).

” kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun dilakukan oleh Kecamatan untuk rencana kegiatan pembangunan di Kabupaten Mukomuko pada tahun 2024,” terang Ali.

Dewan Asal Dapil 1 ini menyampaikan bahwa kehadirannya sebagai Wakil Rakyat di Musrenbangcam Lubuk Pinang sebagai bentuk perhatian Wakil Rakyat dan melihat secara langsung atas rencana pembangunan yang diusulkan masyarakat diseluruh Desa yang berada di Kecamatan Lubuk Pinang.

“Untuk rencana pembangunan daerah ditahun depan yang dimusyawarahkan ditahun ini harus selaras dengan kebutuhan yang betul betul diharapkan oleh masyarakat, tidak lagi seperti tahun tahun sebelumnya,” jelas Politisi Partai Golkar ini.

Ali juga menegaskan bahwa tidak semua usulan desa akan dapat terealisasi, karena yang akan terealisasi tentu pembangunan skala prioritas yang nanti akan dibahas kembali di Musrenbangkab.

” Untuk itu siapapun yang ditunjuk untuk hadir di Musrenbangkab nanti maka perjuangkanlah pembangunan skala prioritas agar dapat terealisasi. Sebab tidak semua usulan pembangunan desa dapat terealisasi. Maka saya berpesan siapapun yang ditunjuk hadir di musrenbangkab nanti harus benar-benar memperjuangkan pembangunan skala prioritas agar pembangunan tersebut dapat terealisasi,’’ papar Ketua DPRD ini.

“tentunya sangat bagus dan baik sekali untuk perencanaan pembangunan didaerah kita, dengan hadirnya kami disini tentunya secara kelembagaan kami sangat support atas subtansi usulan yang diajukan masyarakat melalui BPD dan Pemerintah Desa sehingga kita mengetahui secara subtansi apa apa saja yang menjadi harapan masyarakat pada usulan yang disampaikan di Musrenbangcam ini dan alasan masyarakat untuk mengajukan usulan pembangunan ini “, jelas Ketua Dewan ini.

Dewan asal Dapil 1 ini juga menyampaikan bahwa ada hal lain pada Musrenbang ditahun ini, dimana persiapan perencanaan pembangunan untuk tahun 2024 ada progres yang baik dimana Legislatif punya “Komitmen” yang baik dengan Pemerintah Daerah.

” Dalam hal ini Legislatif bersama Pemerintah Daerah melalui Balitbang yang dengan terkait Pokok Pikiran Dewan (Pokir) dalam pengesahan APBD yang dimulai dari RKPD, KUA-PPAS, Ranperda dan RAPBD Kedepannya harus selaras dengan visi misi Kepala Daerah, dan selaras dengan kebutuhan ataupun kegiatan pembangunan yang betul betul diharapkan oleh masyarakat, sehingga kedepannya Pokir Dewan ini tidak lagi masuk di “tengah” dari tahapan perencanaan pembangunan, ini satu hal yang sangat bagus, bagi perencanaan pembangunan untuk daerah kita,” terang Ketua Dewan.

Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko juga mengungkapkan bahwa semua usulan yang diajukan belum tentu 100% dapat direalisasikan mengingat kondisi kemampuan keuangan Daerah saat ini.

” Saya pastikan usulan yang diajukan tidak semua dapat direalisasikan mengingat kemampuan Daerah untuk merealisasikan semua usulan itu, nah usulan skala prioritas ini yang akan didiskusikan kembali pada saat Musrenbang Kabupaten melalui perwakilan Kecamatan yang hadir untuk merekomendasikan kegiatan kegiatan yang akan dilaksanakan ditahun 2024 nanti,” terang Ali.

Dirinya pun berharap peran aktif perwakilan Kecamatan untuk mengawal usulan skala prioritas agar dapat terealisasi sesuai dengan kemampuan keuangan Daerah.

” Intinya adalah pengontrolan disaat usulan sudah masuk ke RKPD yang Insyaallah akan masuk kedalam APBD, tapi jikalau tidak masuk RKPD tentunya juga tidak tercantum dalam APBD, sebab RKPD adalah dasar awal untuk menyusun KUA-PPAS, Ranperda dan Perda , untuk itu perlu perhatian Kecamatan untuk mengawal usulan dari Kecamatannya,. dan yang terpenting dimohon “pengertian” dari masyarakat atas usulan yang belum dapat direalisasikan dikarenakan kemampuan Daerah, keinginan kami sebagai wakil rakyat maunya semua usulan itu dapat direalisasikan, akan tetapi kemampuan kita belum cukup kuat untuk mencover semuanya, ditambah lagi tahun 2024 ada “pesta demokrasi” tentunya ini juga membutuhkan anggaran, tetap bersabar semoga apa yang dipinta masyarakat dapat dipenuhi oleh pemerintah dalam tujuan untuk membangun Kabupaten Mukomuko yang lebih baik lagi,” tutur Ketua Dewan mengakhiri.

Tampak hadir pada kegiatan itu, Asisten II Setdakab Kabupaten Mukomuko, Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Mukomuko, Sekretaris DPMD, Dispora, Dinas Pendidikan, Bapelitbangada, TAPM P3MD Kabupaten Mukomuko Jasman ST, Camat dan Perangkat Kecamatan Lubuk Pinang, Kapolsek Lubuk Pinang, Danramil diwakili Bakor Babinsa, KUA dan Puskesmas Lubuk Pinang, Kades dan Ketua BPD se Kecamatan Lubuk Pinang, Ketua UPK DAPM TIGO SEPAKAT, Korwil Cabdin Cabang Kecamatan Lubuk Pinang, Ketua PKK Lubuk pinang dan pengurus, Korcam dan Pendamping Desa Kecamatan Lubuk Pinang serta tamu undangan lainnya (R/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page