Hari Raya Galungan di Arga Makmur Berlangsung Hikmat

Bengkulu Utara,newsikal.com– Seluruh umat Hindu pada hari ini merayakan hari Raya Galungan, bukan hanya di Bali saja, namun kemeriahan suasana hari Raya Galungan juga dapat di rasakan di Desa Rama Agung, Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara, Rabu (4/1/2023).

Hari raya Galungan Umat Hindu di Kecamatan Kota Argamakmur berlangsung di Pura Dharma Yatra Desa Rama Agung, umat Hindu yang ada di desa tersebut berbondong-bondong memadati pure untuk melakukan persembahyangan bersama. Saat persembahyangan berlangsung, umat Hindu tampak sangat khusyuk melakukan rangkaian ibadah.

Ketua Banjar Adat Dharma Santi Desa Rama Agung, Gede Rumania menjelaskan, hari Raya Galungan merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Hindu, karena Galungan merupakan hari kemenangan.

“Kemenangan dharma atau kebaikan melawan adharma atau keburukan, dimana kemenangan kebenaran lewat restu dari sang hyang widhi wasa atau tuhan yang maha esa,”ucap Ketua Banjar.

Sementara itu, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. sebelum persembahyangan di mulai Pura Dharma Yatra menyuguhkan penampilan anak-anak yang menarikan tarian rejang dewa.

Tarian ini secara khusus ditampilkan sebelum berlangsungnya suatu upacara adat atau kegiatan keagamaan umat Hindu.

“Sebagai salah satu warisan budaya, tarian ini juga dipercaya memiliki nilai-nilai penting di dalamnya khususnya makna spiritual, sehingga juga dipercaya sebagai tarian yang suci,”tutupnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button