Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Hery Trisno, Dukung FKKD Tolak Aturan Toa Mesjid

BENGKULU SELATAN, newsikal.com – Setelah tersebar Surat edaran Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas yang saat ini menjadi heboh di kalangan masyarakat Indonesia, dan digadang-gadang akan berpotensi menjadi pemicu keributan umat Islam, pasalnya Dirjen Bina Masyarakat Islam Kemenag nomor KEP/D/101/1978 tidak dipatuhi. Surat edaran tersebut dikeluarkan lantaran sebagai upaya meningkatkan ketenteraman, ketertiban, dan keharmonisan antarwarga, (26/2/2022).

Terdapat beberapa masjid dikawasan Kabupaten Kaur menyampaikan dukungan terhadap aturan tersebut, namun ada juga yang menolak.

Pembatasan suara toa masjid mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Agama (Menag) RI Nomor 05/2022 Tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushola.

Hasil penelusuransudah ada beberapa masjid yang mulai menggunakan toa di dalam masjid dengan volume yang kecil, diantaranya Masjid Roso Muttaqin Desa Parda Suka Kabupaten Kaur.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Maje, Yaswan Sumantri, S.Sos I mengakui, pengecilan volume toa sudah diberlakukan sesuai dengan SE Menag RI.

Guna menjaga ketenteraman masyarakat yang ada di sekitar masjid, dalam aturan tersebut tertulis juga, untuk ibadah salat tarawih ataupun tadarus Al-Quran pada bulan Ramadan, tidak menggunakan pengeras suara luar masjid melainkan menggunakan suara dalam.

Pengeras suara luar difungsikan sebagai upaya syiar Islam, seperti waktu salat, pengajian maupun dakwah lainnya.

“Penggunaan toa di dalam masjid sudah diberlakukan sejak terbitnya SE Menag RI, ini untuk menjaga ketenteraman warga non muslim,” ungkapnya.

Dari sisi lain, Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kecamatan Maje, Hendra Oswari SH mengatakan, untuk menerapkan pembatasan volume toa di Maje, Kemenag Kaur dan KUA Maje harus melakukan rapat bersama dengan Kades dan masyarakat terlebih dahulu supaya pemberlakukan aturan tersebut tidak menimbulkan konflik.

Aksi Ketua Forum Komunikasi Kepada Desa (FKKD) Kecamatan Maje Kabupaten Kaur, Hendra Oswari, SH Tidak terlepas dari pantauan oleh Politisi demokrat asal kaur Hery Trisno Amiijaya, SE sekaligus anggota DPRD Bengkalu Selatan mendukung Forum Kades Kecamatan Maje tolak aturan suara adzan di Kabupaten Kaur.(prw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page