“Hoax” Video Bayi Selamat Insiden Sriwijaya Air SJ 182

BENGKULU, newsikal.com – Ditengah musibah nasional jatuhya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 masih saja bertebaran informasi tidak benar (hoax) yang beredar di Indonesia termasuk Provinsi Bengkulu.

Salah satunya yang paling banyak menyita perhatian masyarakat ialah sebuah foto bayi yang diklaim korban selamat dari jatuhya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 beredar di media sosial. Foto tersebut viral lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp dengan narasi

“BASARNAS, SAR dan Team gabungan Angkatan Laut berhasil mengevakuasi bayi salah satu korban dari Sriwijaya Air sj 182. Atas kuasa Allah SWT masih selamat dan terombang ambing selama 24 jam di lautan,” tulis berikut dengan menyertakan foto.

Terhadap informasi tidak benar tersebut, Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol. Sudarno. S, Sos sangat menyayangkan pembuat pertama kali konten hoax itu. Selain itu Kabid Humas juga melihat kurang bijaknya masyarakat yang langsung menge-share konten tersebut tanpa mengecek terlebih dahulu kebenarannya.

“Marak di grup-grup WA informasih tidak benar tersebut. Kami himbau kepada masyarakat lebih bijak lagi dalam menerima informasi dan tidak langsung menelan mentah-mentah,” ungkap Kabid Humas Senin (11/01/2021).

Berdasarkan penelusuran tim cybertroops Polda Bengkulu Foto bayi yang diklaim korban selamat dari jatuhya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ternyata tidak benar. Faktanya, foto bayi tersebut sempat viral pada 2018 lalu dan dikaitkan dengan insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Ternyata, foto bayi itu merupakan evakuasi korban selamat dari tenggelamnya kapal KM Lestari Maju. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close