Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Ini Tempat Pertama Kali Bendera Merah Putih Dikibarkan

BENGKULU, newsikal.com – Kemeriahan rangkaian HUT RI Ke-74 tahun 2019 di Provinsi Bengkulu, semakin khidmat dengan dilaksanakannya pengibaran Sang Saka Merah Putih, di Lokasi Pertama Kali Bendera Merah Putih dikibarkan, yaitu di Kantor Pos Barukoto/ Kampung, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, Sabtu (17/08).

Pengibaran Sang Saka Merah Putih di Kantor Pos yang pernah digunakan pada masa kolonial dan berseberangan dengan Tugu Thomas Parr, diikuti Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Supratman, Danrem 041/ Gamas Bengkulu Kolonel Inf Dwi Wahyudi, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Andri Wahyu Sudrajat, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ikhsan Fajri, Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti serta unsur FKPD lainnya dan beberapa Kepala OPD Pemprov Bengkulu bersama 9 orang Veteran Bengkulu.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, pengibaran bendera merah putih yang membangkitkan semangat dan glora perjuangan masyarakat Bengkulu, dimana di Kantor Pos ini tertoreh sejarah, sang Saka Merah Putih pertama kali dikibarkan di Bumi Rafflesia.

“Saya kira itu menanamkan spirit, semangat kebangsaan buat kita bahwa seseungguhnya perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia juga dimulai dari sini (Bengkulu),” kata Gubernur Rohidin Mersyah penuh semangat usai mengikuti jalannya upacara.

Lanjut Gubernur Rohidin Mersyah, hal ini juga dilakukan dalam rangka mengenang dan menghargai perjuangan Ibu Fatmawati sebagai penjahit Bendera Merah Putih, yang menyatukan Indonesia dan menjadi simbol kedaulatan negara.

“Ini betul – betul mengharukan dan membanggakan buat kita semua. Dan tentu kkta merasa bagaimana kita harus memiliki rasa tanggungjawab lebih tinggi meneruskan perjuangan para pahlawan kita,” pungkasnya.

Berdasarkan data dihimpun, tiang tempat dikibarkannya bendera merah putih di lokasi Kantor Pos Barukoto ini telah disahkan sebagai cagar budaya oleh Disparbud Provinsi Bengkulu sejak 2012 lalu.

Sementara di pondasi/ tapak tiang bendera bertuliskan “Tiang Bendera ini dipakai pertama kali pada saat pengibaran Bendera Merah Putih tanggal 17 Agustus 1954”.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page