Inovasi Besar Kelola Kemaritiman Bengkulu Juga Berada di Tangan Koperasi

BENGKULU, newsikal.com – Tokoh senior pembangunan Provinsi Bengkulu Dadang Mishal menyebutkan, inovasi kemaritiman juga berada di tangan koperasi. Pasalnya, koperasi mampu mengembangkan SDM,  meningkatkan kualitas hasil tangkap dan menciptakan fasilitas dengan teknologi canggih.

Ia mengungkapkan, terkait pengembangan SDM koperasi dapat melaksanakan pembinaan bersama ahli, bagaimana cara meningkatkan kualitas tangkap dan memilahnya agar spesifikasi kualitas tangkap berbeda.

“Kita ajarkan nelayan untuk memilahnya. Jangan lagi asal masuk saja apalagi dengan dilempar karena akan mengurangi kualitasnya,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Maka itu, dikatakan Dadang, salah satu tujuan dibentuknya Koperasi Andalas Bahari Jaya untuk mensejahterakan nelayan. Sesuai dengan 5 sila dalam Pancasila, khususnya Sila ke 5, Keadilan Soasial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Belum ada rasa keadilan dan kesejahteraan salah satunya di kehidupan para nelayan. Inilah wujud peduli kami hadir di tengah-tengah nelayan,” ucapnya.

Sementara itu, disampaikan Rektor Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu (Unihaz), Dr. Yulfiperius, M.Si, peran koperasi memang sangat dibutuhkan. Operasional rumah tangga dan cara pengolahan juga harus ditingkatkan.

Kehadiran koperasi adalah untuk memenuhi apa yang dibutuhkan nelayan. Koperasi juga harus bekerja sama dengan pihak luar agar hasil bisa dipasarkan.

“Mereka (nelayan,red) juga harus diedukasi terkait mutu ikan. Karena harganya berbeda akan kualitasnya. Hasilnya, kesejahteraan nelayan akan meningkat,” tuturnya.

Dipaparkan Yulfiperius, potensi maritim Provinsi Bengkulu sangatlah besar. Bukan bicara ikan saja tapi ada tambang dan yang lainnya.

Dikatakannya, jika ini tidak dikelola maka akan rugi saja, karena bisa menambah PAD yang cukup besar bagi Bengkulu. Memang tidak mudah untuk mulai mengelola ini, tapi kalau tidak dimulai kapan akan terealisasi.

“Maka dibutuhkan riset dari Provinsi agar semua asumsi dikatakan benar. Siapkan dana dan kerja sama dengan perguruan tinggi untuk menunjang hasil riset yang baik,” ucapnya.

Ia menyebutkan, pemetaan kemaritiman Provinsi Bengkulu sampai saat ini Belum pernah ia baca.

“Kalo ada, akan kami sampaikan ke segala pihak yang berkompeten dan pihak lainnya termasuk swasta,” ungkapnya.

Harapannya koperasi bisa sinergi dengan pemerintah daerah, juga instansi terkait, pergruan tinggi agar pengelolaan ikan di laut bisa maksimal.(kai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close