Inovasi SamDong, Tingkatkan Pendapatan Daerah dari Sisi Pajak

BENGKULU, newsikal.com – Inovasi Pemerintah Provinsi Bengkulu mengajak masyarakat untuk bayar pajak kendaraan bermotor terus terlihat. Sebelumya, pemerintah yang menciptakan layanan Samling kali ini muncul layanan Samsat Gendog (Samdong).

Lahirnya banyak inovasi layanan ini tak lain untuk memudahkan masyarakat membayar pajak. Dengan ini pula, nantinya tingkat kesadaran masyarakat akan pajak semakin meningkat.

Jelas, pada pelayanan Samling masyarakat merasa sangat terbantu. Masyarakat yang sebelumnya susah membayar pajak menjadi taat pajak.

Seperti yang disampaikan, Kepala Bidang Pengelolaan Pendapatan Daerah Badan Pengelolaan Keuanngan Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Harnyoto, SE, layanan Samling sebelumnya dinilai berhasil. Masyarakat merasa sangat terbantu, banyak juga yang megatakan ini lebih efisie da efektif.

“Pada layanan SamDong ini, kami serahka kepada UPTD kabupaten/kota masing-masing. Di sini kami libatkan kepala desa (Kades) dalam mengkoordinir proses pemungutan biaya pajak dan nantinya Kades yang inklud ke Samsat bersangkutan,” ujarnya.

Dikatakanya, memang SamDong ini sudah kami koordinasikan kepada seluruh UPTD baik secara tertulis maupun lisan. Tetapi baru beberapa UPTD yang baru melaksaakannya.

“Sebagian Kades juga menyutujui adanya SamDong ini dan juga siap melaksanakannya,” cetusnya.

Syarat untuk membayar pajak ini tidak ribet, pasalnya tidak perlu KTP asli masyarakat bisa bayar pajak.

“Layanan ini kami ciptakan dari keinginan masyarakat yang maunya mudah membayar pajak. Dengan itu, kami tidak akan membuat masyarakat ribet untuk menyetorkan pajaknya,” ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya SamDong ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sisi pajak kendaraan bermotor (PKB) makin meningkat. Semakin banyak inovasi layanan semakin banyak pilihan mudah bagi masyarakat untuk membayar pajak terkhusus daerah yang jauh dari jangkauan.(adv/kay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close