Investasi di Provinsi Bengkulu Meningkat Kian Drastis

Bengkulu Akan Berkembang Pesat

BENGKULU, newsikal.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu sangat serius dalam hal meningkatkan investasi di Bengkulu. Terbukti, investasi yang masuk ke Bengkulu dari data tahun 2017 sampai 2018 sangat drastis meningkat.

Di tahun 2017, investasi terealisasi hingga 2,1 triliun sedangkan di tahun 2018 berdasakan laporan kegiatan Pemerintah Provinsi Bengkulu sebesar 6,7 triliun. Ini sebuah prestasi besar bagi Bengkulu, apalagi investasi ini terus meningkat dari tahun ke tahun, pastinya Bengkulu akan berkembang dengan pesat.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Penenaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMNPTSP) Provinsi Bengkulu, Ir. Hendry Poerwantrisno lewat Kepala Bidang Pengendalian Penenanaman Modal, Drs. Saud Hutabarat, Senin (04/03/2019). Dikatakannya, investasi yang masuk ini jelas sangat berpengaruh dengan tumbuh kembangnya perekonomian di Provinsi Bengkulu, seperti yang masuk di tahun belakang projek investasi dalam bentuk sektor kelistrikan, PGE dan PLTU, adapun juga untuk di kota seperti sektor perkebunan kelapa sawit, sektor perhotelan, telekomunikasi dan perdagangan. Menurutnya, investasi-inestasi ini menjadi barometer majunya Provinsi Bengkulu.

Pembangunan Hotel Bencoolen

Diungapkannya juga, meningkatnya jumlah investasi ini karena memang Pemerintah Provinsi Bengkulu tidak membatasi perusahan untuk berinvestasi di Provinsi Bengkulu, bahkan para investor diberikan kemudahan dalam pengurusannya.

“Regulasi dari kebijakan pusat sudah dimaklumi mulai dari kemudahan pajak diringankan, kalau di Provinsi Bengkulu sudah ada perda penanaman modal, diantaranya ada kemudahan-kemudahan yang diberikan pemerintah daerah. Lalu juga ada PP nomor 24,  mengenai aplikasi kemudahan berinvestasi Online Single Submission (SOS), untuk melaksanakan regulasi pusat dan daerah terkait perizinan yang baik dan cepat,” ungkapnya.

Investasi perdagangan yang mulai banyak masuk

Pemerintah Provinsi Bengkulu, lanjutnya, akan terus berupaya untuk mengenalkan potensi Provinsi Bengkulu kepada investor-investor besar. Bahkan, saat ini pihaknya terus mempromosikan dan melirik investor-investor untuk berinvestasi dan berkontribusi dalam mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Kami mengikuti promosi-promosi pemerintah pusat dan daerah dan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota untuk melihat potensi-potensi unggulan yang layak dipromosikan kepada investor-investor besar seperti untuk Kawasan Ekonomi Khusus ini,” cetusnya.

Selain itu, Pemerintah juga sedang memikirkan bagaimana mengembangkan hilir untuk komuditas unggulan Provinsi Bengkulu seperti Kopi, Sawit,  Karet dan yang lainnya.

“CPO di Mukomuko potensinyakan tinggi, tinggal kita pikirkan bagaimana hilirnya atau pengolahan selanjutnya,” pungkasnya.(cw4)

 

Berikut sebagian daftar perusahaan besar yang masuk ke Bengkulu periode 01 Januari 2013 sampai 30 September 2018 :

  1. PT XL AXIATA Tbk
  2. PT BUMI MENTARI KARYA
  3. PT BUMI MENTARI KARYA
  4. PT ALNO AGRO UTAMA
  5. PT KAY JUN FOOD
  6. PT MITRA PUDING MAS
  7. PT SINTARO BENCOOLEN INTERNASIONAL
  8. PT KEMINDO GEMILANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close