Isu Penggelembungan Suara, ini Kata KPU

Irwan Saputra

BENGKULU, newsikal.com – Adanya isu penggelembungan surat suara (susu) maupun permainan data C1 oleh Calon Legislatif (Caleg) wilayah Provinsi Bengkulu dibanta langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Irwan Saputra.

Dikatakan Irwan, terkait proses penghitungan pihaknya sudah melakukan penghitungan dengan transparan, mulai dari level TPS hingga rekapitulasi Nasional. Jadi mengenai isu yang berdar sebut sambungnya itu tidak mungkin terjadi, apa lagi proses yang berjalan selalu dipantau oleh masing-masing saksi maupun Caleg bersangkutan.

“Kami sampaikan bahwa proses pemungutan dan penghitungan suara dilakukan secara transparan, dokumen hasil pemungutan dan penghitungan suara juga diserahkan kepada peserta Pemilu. Dan itu bisa didokumentasikan,” ujar Irwan, Selasa (23/04/2019).

Irwan membeberkan, rekapitulasi di PPK juga dilakukan secara terbuka. Apabila terjadi perbedaan data atau ada pihak-pihak yang merasa dirugikan atau mengklaim kecurangan, bisa saja melakukan pengecekan mauoun nelakukan verifikasi dengan data dan dokumen yang ada.

“Bila masih ragu maka bisa dilakukan pembukaan kotak suara, sehingga dengan mekanisme ini, segala bentuk kecurangan akan dapat diketahui,” imbuhnya.

Dijelaskan Irwan, mengingat durasi kerja para petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) sangat panjang dan menguras energi, maka apabila ada kesalahan tegas dia, dikarenakan pengaruh konsentrasi yang menurun.

“Bahwa kami terus melakukan monitoring dan supervisi terhadap tahapan yang sedang berjalan, dan jika ada penyelenggara yang terbukti melakukan kecurangan, maka kami akan berikan sanksi tegas,” demikian Irwan. (cw5)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close