Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Jelang Idul Fitri, Kementan: Stok dan Harga Pangan di Bengkulu Aman

BENGKULU, newsikal.com – Kementan melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) memastikan stok 12 bahan pokok di Provinsi Bengkulu aman. Untuk menjaga harga jelang Hari Raya Idulfitri 1444 H, digelar Pasar Murah salah satunya di Masjid Jami’atul Hikmah Kelurahan Panorama, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu.

Pasar Murah yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Bulog Provinsi Bengkulu dan beberapa produsen ini disambut baik oleh masyarakat dan sangat antusias untuk berbelanja berbagai kebutuhan pokok.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau Mentan SYL telah menurunkan seluruh jajarannya untuk memastikan stok pangan di pasaran saat Ramadan dan jelang Idulfitri untuk menjamin kebutuhan masyarakat tak terganggu sama sekali.

“Kami ingin memastikan bahwa kebutuhan bahan pokok masyarakat tak terganggu. Kami ingin memastikan bahwa ketersediaan pangan tak boleh berkurang. Pangan adalah hal krusial yang harus terus tersedia,” kata Mentan SYL, Senin (10/4/2023).

Sementara itu, Direktur Jenderal PSP Kementan Ali Jamil menjamin segala kebutuhan pangan akan terpenuhi dengan baik. Ia berharap masyarakat untuk tidak panik dan melakukan aksi panic buying dengan memborong secara berlebihan kebutuhan pangan.

“Insya Allah kami jamin pasokan pangan dalam kondisi aman dan terkendali. Tentu pemenuhan kebutuhan pangan ini merupakan salah satu tujuan pembangunan pertanian kita,” ungkapnya.

Direktur Irigasi Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Rahmanto memaparkan, ketersediaan dan harga bahan pangan seperti beras, jagung, telur ayam, minyak goreng, dan daging ayam agar terus dipantau oleh seluruh stakeholder untuk menjamin ketersediaan pangan agar kebutuhan masyarakat aman.

“Hasil survei pasar bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu dan tim pengendalian inflasi daerah (TPID) dari Bank Indonesia Bengkulu di Pasar Panorama, Kota Bengkulu dikatakan bahwa stok 12 bahan pokok aman sampai Idulfitri dan harga juga terpantau cukup stabil,” ucapnya.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu Sisardi, kegiatan ini rutin dilakukan menjelang Ramadan dan Hari raya Idulfitri untuk membantu masyarakat dan meningkatkan daya beli masyarakat.

“Untuk harga dan stok bahan pokok masih aman dan tidak ada harga yang terlalu tinggi. Kegiatan pasar murah ini dilakukan secara bergilir di tiap kabupaten di Provinsi Bengkulu hingga menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H,” ungkapnya.

Terpantau harga pangan pokok harian di Pasar Murah inj dalam kondisi stabil. Adapun bahan pangan pokok itu, seperti beras berada di harga Rp11.000/kg, jagung seharga rata-rata Rp5.700/kg, cabai merah besar Rp34.000/kg, dan cabai rawit Rp49.000/kg.

Sementara, telur ayam seharga Rp26.000/kg, bawang merah Rp35.000/kg dan bawang putih Rp30.000/kg. Kemudian, daging ayam Rp32.000/kg, daging sapi Rp125.000/kg, gula pasir Rp14.000/kg dan minyak goreng Rp16.000/kg. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page