Jonaidi: Alsintan Gratis Dapat Menghidupkan Kembali Kelompok-Kelompok Tani

BENGKULU, newsikal.com – Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah bersama Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi, SP menyerahkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) gratis kepada kelompok tani di Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Selasa (27/9/2022). Program yang merupakan inisiatif Dewan Provinsi Bengkulu bersama Gubernur Bengkulu ini sangat diapresiasi petani, pasalnya ini dapat membangkitkan semangat petani.

Seperti yang disampaikan Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi, dirinya menyebut Alsintan gratis ini dapat menghidupkan kembali kelompok tani. Benar saja, ia juga mengatakan hal ini dapat membuat petani bersamangat dalam bertani.

Dijelaskanya pula, selain memang inisiatif dewan program ini terjadi karena memang dari aspirasi petani itu sendiri. Banyak proposal yang masuk ke Dewan dan meminta bantuan alat tani.

“Akhir tahun ini juga akan ada pupuk cair dan itu sudah kami anggarkan.
Maka itu, untuk kelompok tani yang sudah sinlo dan teregister untuk segera menyampaikan proposal ke dinas pertanian. Tembuskan saja ke DPRD Provinsi kami akan bantu menggiringnya,” ujarnya.

Pihaknya akan berusaha untuk memperjuangkan bantuan alat tani ini setiap tahunnya. Bahkan jumlah dan jenisnya bisa meningkat jadi lebih banyak.

Sementara itu, Gubernur Rohidin, menyampaikan, dirinya berharap, alat pertanian ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

“Memang secara keseluruhan belum mencukupi, tapi secara bertahap hak petani ini kita program terus. Sehingga sarana penunjang pertanian di Bengkulu dari waktu ke waktu semakin baik,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, petani juga harus semangat dan berkemauan. Terlebih SDM dan peralatan pertanian juga harus dilengkapi.

Selain itu, petani Panorama dari kelompok tani, bahwa bantu ini sangat bermanfaat sekali karena memang terpal yang kami dapat memang sangat kami butuhkan sekali.

“Terpal ini kami butuhkan saat panen padi apalagi saat musim hujan. Memang harganya tak seberapa tapi terpal ini juga menjadi kendala bagi kami dan bersyukur kami diberi bantuan,” ucapnya.

Ia juga menerangkan, dengan terpal ini akan mengurangi kecacatan hasil panen. Karena air memang dapat merusah padi apalagi sampai terbenam.

Sedangkan itu, Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan, menjelaskan bantuan alsintan pertanian pada tahap ini diberikan kepada 75 Kelompok Tani Kota Bengkulu dan 20 Kelompok Tani Bengkulu Tengah. Alat yang diberikan berupa hand traktor, kultivator, mesin air, pompa air dan terpal.(kai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close