Kejar Target, Dinkes Kuatkan Forum Kabupaten/Kota Sehat

BENGKULU, newsikal.com – Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu ingin kondisi kabupaten/kota untuk hidup bersih, nyaman, aman dan sehat dihuni bisa semakin terwujud. Jika program kesehatan ini berjalan dengan baik, akan meningkatkan sarana, produktifitas dan perekonomian masyarakat.

Dalam penguatan forum kabupaten/kota sehat yang digelar di Hotel Madelin, Senin hingga Selasa (18-19/2/2019) ini, membahas strategi dan sasaran yang dilakukan untuk mewujudkan kabupaten/kota sehat. Selain itu, juga memberikan pemahaman dan tatanan pelaksanaannya.

“Tidak hanya itu, kami juga berkoordinasi dalam rangka persiapan dokumen kabupaten/kota sehat untuk bisa diverifikasi tingkat provinsi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni.

Disampaikannya, pengembangan kabupaten/kota sehat merupakan dinamika dan semangat warga, pemerintah daerah dan lembaga legislatif daerah tersebut. Pemerintah pusat hanya membina dan memfasilitasi potensi yang ada di daerah tersebut, hingga pencapaiannya merupakan proses yang berjalan terus menerus menciptakan dan meningkatan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, budaya, serta mengembangkan potensi ekonomi masyarakat dengan cara memberdayakan mereka agar saling mendukung dan menerapkan fungsi-fungsi kehidupan dalam membangun potensi suatu kota/desa.

“Saat ini pemerintah harus lebih banyak membuka diri dan memberi peran lebih besar kepada masyarakat, melalu pemberdayaan masyarakat. Juga memahami aspirasi masyarakat, pemberian kewenangan dan kepercayaan kepada masyarakat secara pro aktif harus lebih digalakan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, tahun 2017 Provinsi Bengkulu mengusulkan 3 kabupaten/kota untuk mengikuti verifikasi, yakni Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Rejang Lebog dan Kota Bengkulu. Hasil bedah dokumen, Kota Bengkulu yag lolos dan memperoleh Swasti Saba Wisatara.

Pada tahun 2018, untuk membantu pelaksanaan kegiatan kabupaten/kota sehat melalui APBD dilakukan monitoring dan evaluasi kabupaten/kota sehat di Mukomuko, Bengkulu Utara dan Kepahiang. Kegiatan ini dilaksanakan untuk persiapan pelaksanaan kegiaan kabupaten/kota sehat 2019.

“Maka itu, kabupaten/kota yang akan mengikuti verifikasi penghargaan kabupaten/kota sehat, agar cepat menyiapkan dokumen yang sesuai sistematika penyusun,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri, kepala-kepala seksi kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olahraga dari dinas kesehatan kabupaten/kota. Serta dari BP3D, DLH Provinsi Bengkulu, DLH Kota Bengkulu, Dishub Provisni Bengkulu, Seksi Kesga dan Gizi, Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Staf Kesling Kesjaor Dinkes Provinsi Bengkulu.(adv/kay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close