Kemenag RI Ingin IAIN Bengkulu Anuti Cyber University

BENGKULU, newsikal.com – Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI (Kemenag), Prof Dr H Muhammad Ali Ramadhani, mengatakan model pembelajaran seiring waktu sepenuhnya daring, mulai dari proses pendaftaran mahasiswa sampai kelulusan. Hal ini disampaikannya pada seminar nasional “Transformasi dan Cyber University bersama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan” di Gedung Pasca Sarjana, Jumat (26/03/2021).

Berangkat dari itu, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu siap menjadi Cyber Islamic University.

“Kehadiran Cyber University ini didasari oleh semangat kita untuk memenuhi janji konstitusi, yaitu memastikan bahwa tidak ada warga negara yang tidak terlayani untuk kuliah di perguruan tinggi keagamaan Islam,” ujarnya juga.

Cyber University merupakan tuntutan zaman dan langkah strategis yang harus ditempuh Kemenag untuk merespon kebutuhan di lapangan. Ia memaparkan pendidikan yang sejauh ini dilakukan secara online tidak menutup kemungkinan akan membawa IAIN Bengkulu bertransformasi menjadi universitas basis digital.

“Transformasi itu tentu harus sejalan dengan sumber daya manusiannya, tenaga pendidiknya maupun mahasiswanya,” kata dia.

Rektor IAIN Bengkulu Prof Dr H Sirajudin MM, M Ag MH menyambut baik apa yang disampaikan Dirjend pendidikan Kemenag RI. Dirinya sangat berterima kasih atas amanah baru terkait dengan wacana Cyber University dalam memajukan Pendidikan Islam melalui siber.

“Kesiapan IAIN Bengkulu ini bersamaan dengan proses transformasi kelembagaan dari IAIN menuju Universitas Islam Negeri Fatmawati Bengkulu yang akan diputuskan kelembagaannya dalam waktu dekat ini,” sampainya.

Diharapkan Cyber University Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang diselenggarakan secara daring bakal bisa diimplementasikan di IAIN Bengkulu.(prw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close