Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Komisi II Sidak Wisata Kota Tuo yang Amblas

BENGKULU, newsikal.com – Anggota Komisi II DPRD Kota Bengkulu  lakukan inspeksi mendadak (sidak) di wisata Kota Tuo yang amblas, Senin 27/2/23. Nuzuludin Ketua Komisi II memantau langsung ke lapangan amblasnya bangunan wisata itu,ini diduga akibat adanya kesalahan saat pembangunan konstruksi dan bukan faktor alam.

“Kita bisa menyaksikan langsung (wisata kota tuo) bahwa ada kerusakan konstruksi. Artinya dari pantauan ada kemungkinan penyebabnya bukan faktor alam tapi kesalahan dari konstruksi (saat membangun),” kata Nuzul.

Dewan meminta semua pihak bertanggung jawab baik dari Dektoral Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu serta pemerintah Kota Bengkulu. Pasalnya, wisata yang banyak digemari masyarakat itu dibangun menggunakan dana APBD sebesar 5,8 miliar dan APBN sebesar 10 miliar.

Berdasarkan temuan di lokasi, amblasnya wisata Kota Tuo itu dikarenakan sheet pile yang digunakan untuk penahan tanah mengalami penurunan.

Sebelumnya, Wakil Walikota Dedy Wahyudi beberapa hari yang lalu mengatakan, sheet pile yang amblas itu dibangun pemerintah pusat. “Sedangkan, sheet pile yang dibangun menggunakan APBD Pemerintah Kota Bengkulu dalam kondisi baik,” ujar wawali,24/2/23.

Senada dengan Dedy, Kadis PUPR Noprisman juga mengatakan sheet pile milik Pemkot tak ada yang rusak, melainkan milik Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Cipta Karya yang mengalami kerusakan.

Dinas PUPR juga telah melakukan tinjauan lapangan bersama BPPW Satker dan PPK, Lurah, KPP setelah mendapatkan laporan bangunan di Kota Tuo mengalami amblas.

Dengan temuan ini, kata Noprisman Pemkot Bengkulu tak bisa mengintervensi terlalu jauh, karena hal tersebut merupakan kewenangan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bengkulu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Cipta Karya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page