Kotak Suara dan Kertas Suara Sebentar Lagi Tiba di KPU

BENGKULU, newsikal.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menggelar rapat sambut kedatangan kotak suara dan kertas surat suara di Kantor KPU Kota Bengkulu, Selasa (11/03/2019). Rapat ini juga membahas terkait pengaman tahapan pemilu tahun 2019.

Disampaikan Ketua KPU Kota Bengkulu, Zaini, S. Ag, pukul 10 WIB pagi tadi sudah siap diberangkatkan, tetapi jadwal keberangkatannya malam ini menggunakan dua buah mobil fuso dari Jakarta menuju Bengkulu.

“Kotak suara dan kertas suara dikawal ketat oleh polisi dari Bengkulu yang sudah diutus,” ujarnya.

Diperkirakan, surat suara akan sampai ke Bengkulu dua tiga hari ke depan. Karena, perjalanan yang ditempuh selama 2 malam 3 hari.

Sesampainya, surat suara dan kotak suara akan langsung dibongkar untuk mengetahui kelayakan surat suara tersebut. Sekaligus juga menyortir apa bila ada surat suara yang rusak.

Adapun kategori surat suara yang tidak layak, kata Zaini, surat suara dalam keadaan kusut, sobek, kotor, warna surat suara yang pudar, terdapat coretan bahkan lubang yang memanjang.

Nantinya, kotak suara dan surat suara ini akan diletakan di gudang KPU Kota Bengkulu yakni di gudang satu belakang kantor KPU, gudang dua 100 meter ke arah Kantor DPRD Kota Bengkulu dan gudang tiga di di jalan Wr. Supratman No 8 Kelurahan Bentiring Permai.

Terkait pelipatan, petugas yang melipat surat suara berjumlah 180 orang,100 orang di gudang 3 dan 80 orang di gudang 1 KPU Kota Bengkulu, perkiraan waktu selesai sekitar 10 hari. Nantinya, petugas menggunakan tanda pengenal dan
jadwal jam kerja untuk melipat surat suara dari mulai dari pukul 08:00 sampai jam 00:00 WIB, tergantung dari kekuatan fisik dan pengamanan 24 jam.

“Gudang dua tidak diisi dengan surat suara, tetapi perlengkapan lainnya,” ungkapnya.

Kemudian, dijelaskan Zaini, terkait penyebaran kotak dan surat suara ke sekuruh kecamatan, KPU akan berkerja sama dengan PT. POS.

“Kalau tidak ada halangan kita menggunakan angkutan mobil POS, karena POS memiliki kenderaan baru, mobil berjenis book,” tungkas Zaini.(cw4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close