KPU Mukomuko Tepis Tudingan Tidak Profesional Dalam Rekrutmen PPS Pemilu 2024

MUKOMUKO, newsikal.com-Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kabupaten Mukomuko Irsyad Komarudin yang dikonfirmasi di kantornya terkait maraknya tudingan atas ketidak profesionalnya KPU Mukomuko dalam melakukan rekrutmen PPS Pemilu 2024 di Kabupaten Mukomuko. Selasa (24/1/23).

Lebih lanjut, Ketua KPU Kabupaten Mukomuko ini menyebutkan bahwa tudingan yang disampaikan ke Lembaga yang dipimpinnya merupakan hal wajar dalam kehidupan Demokrasi.

” Berbicara tentang profesional atau tidak professional itukan harus ada tolak ukurnya, harus bisa dijabarkan dari sisi mana ketidak Profesional itu. Soal jawaban kenapa CAT nya tinggi tapi tidak lulus, sebab hasil kelulusan berdasarkan 2 tahapan, karena seleksi tertulis (CAT) ini merupakan hasil untuk masuk ke tahap selanjutnya (wawancara-red) dan nilai wawancara lah yang menentukan untuk menjadi Anggota PPS, bukan hasil dari akumulasi/penjumlahan dari kedua tahapan,” terang Irsyad.

Masih dilanjutkannya,” sama seperti kita menonton sepakbola di Lapangan, kita sama sama membeli tiket, yang ditonton juga sama yakni sepakbola, tapi kita dapat tempat duduk yang tidak sama, tidak bisa kita paksakan didepan, bisa jadi kita dapat tempat duduk dibelakang, atau kita mau duduk dibelakang tapi dapat tempat yang didepan, tidak semua yang masuk menonton bola dapat posisi yang sama.

Nah, begitu juga pada hasil test wawancara, yang kita gali adalah 5 Aspek yakni, tentang pengetahuan Kepemiluan, kewilayahan, integritas, rekam jejak dan attitude, dan kelima point ini kita nilai secara komperhensif mengikuti dinamika yang terbaru, jadi tidak ada kaitannya hasil wawancara dengan CAT, hasil CAT habis ditahapan itu, begitu yang ke 9 orang itu lulus CAT, mereka masing masing punya tiket untuk masuk ke test wawancara, begitulah mekanismenya,” ungkap Irsyad.

Ketua KPU Mukomuko juga menyebutkan jikalau peserta Calon Anggota PPS yang tidak lulus/tidak terpilih masih bisa “berbakti” bersama KPU dengan menjadi Anggota KPPS pada Pemilu 2024 nanti.

” Yang namanya kompetisi, pada akhirnya tentu ada yang menang dan ada yang kalah, ada yang terpilih dan ada yang tidak terpilih, serta tidak mungkin semuanya terpilih, jikalau ada keberatan atau ketidakpuasan itu sah sah saja untuk meluapkan “ekspresi” atau rasa kekecewaan, dan masih ada peluang untuk berbakti pada pemilu 2024 nanti, masih ada Pantarlih, masih ada KPPS silahkan bergabung, sebab di KPPS kita akan rekrut sebanyak 7 petugasnya, jikalau didesa itu ada 2 atau 3 TPS, khan ini masih ada peluang atau keinginan untuk “berbakti” kepada Negara melalui KPU, silahkan mendaftar,” pungkas Ketua KPU Kabupaten Mukomuko ini.

Sementara itu, Jundri (25thn) salah seorang anggota PPS Desa Arah Tiga Kecamatan Lubuk Pinang yang dijumpai di lokasi Pelantikan PPS di Lapangan Pameran Pemda Mukomuko menyampaikan bahwa proses rekrutmen PPS yang dilakukan KPU Kabupaten Mukomuko sudah tepat dan Proporsional.

” KPU Kabupaten Mukomuko pada perekrutan PPS untuk Pemilu 2024 ini sangat netralitas sekali dan sangat profesional sebab dari awal proses pendaftaran, tes CAT dan interview sangat transparan sekali, sangat baik sekali perjalanan tahapannya, baik dari pengawasannya, dan secara jadwalpun sangat tepat waktu,” tutur Jundri mengakhiri. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button