KPU Provinsi Bengkulu Raih Skor Tertinggi Nasional dalam Kepatuhan Kode Etik

BENGKULU, newsikal.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu lagi-lagi meraih prestasi yang gemilang, yakni meraih skor tertinggi Indeks Kepatuhan Etik Penyelenggara Pemilu (IKEPP) secara nasional bersama KPU Bali.

Kedua KPU ini dinilai tim IKEPP yang dibentuk oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia, memiliki kepatuhan yang sangat tinggi dalam kode etik dengan skor 91,7 dan 89,1.

Hal itu disampaikan TPD DKPP Provinsi Bengkulu, Darlinsyah yang menghadiri Rakor dan Lapkin DKPP di Grand Mercure Hotel (19/12/2020). Pada saat itu, skor ini dipaparkan oleh Ketua Tim Penyusun IKEPP, Nur Hidayat Sardini, M.Si.

Dijelaskannya, ada 3 komponen yang menjadi tolak ukur IKEPP, pertama yaitu KPU dengan skor yang sangat tinggi, dimana dalam prilaku etik, sistem internal dan existing condition masuk dalam kategori sangat patuh dengan skor 91,7 dan 89,1. Dan itu ditempati oleh KPU Provinsi Bengkulu dan Bali.

Lalu komponen kedua yakni, KPU dengan perilaku etiknya mengarah pada patuh, sementara sistem internal dan existing condition masuk dalam kategori sangat patuh dengan skor 87,1 dan 84,6. KPU yang masuk pada kategori ini Jatim dan DIY.

Seterusnya komponen ketiga, KPU dengan tingkat etiknya yang rawan, hal ini akibat laporan masyarakat yang masuk dalam persidangan etik oleh DKPP. Kategori ini ditempati KPU Jateng, Sulsel, Jabar, Sulut, Banten dan Papua.

Terkait prestasi ini, Darlinsyah sangat bersyukur KPU Provinsi Bengkulu mampu menjaga kode etik. Tentunya hal ini tak lepas pula dari peran seluruh KPU kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu.

Maka itu, dirinya memberikan apresiasi kepada KPU Provinsi dan KPU kabupaten/kota.

“Saya apresiasi juga pada jajaran edhoach, PPK, PPS dan KPPS se-Provinsi Bengkulu. Karena sudah membuktikan bekerja dengan baik dan penuh integritas,” ucapnya.

Dirinya juga berharap, prestasi ini harus terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Tentu, jika skor kode etik tinggi artinya seluruh elemen KPU juga bekerja dengan baik.(kay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close