Lemang Tapai Bengkulu Kian Diserbu

foto : ist/newsikal.com

BENGKULU, newsikal.com – Satu lagi nih, kuliner Bengkulu yang tak kalah enaknya, namanya Lemang Tapai. Kuliner ini terbuat dari beras ketan yang dimasak di dalam bambu.

Lezatnya tidak usah diragukan lagi, karena ada perpaduan rasa, asin, manis, asam serta teksturnya pun lembut dan kenyal. Tak heran, makanan ini kian diaerbu masyarakat luar yang berkunjung ke Bengkulu.

Beras ketan putih bahan dasar Lemangnya dan beras ketan hitam bahan dasar Tapainya. Pembuatannya tidak begitu rumit, memasak tapai hanya diperam 2 malam dan ditutup rapat, setalah 2 malam tapai siap untuk dihidangkan.

Dijelaskan Murhayati, penjual Lemang Tapai di pinggir jalan Sungai Rupat, runutan pembuatan Lemang diawali dengan mencuci ketan, lalu dimasukan ke dalam ruas bambu muda yang terlebih dahulu dalamnya dilapisi dengan daun pisang.

“Kemudian barulah dituangkan santan ke berasnya dan di bakar dengan bara api selama 2 jam. Ingat, ini harus dijaga, jangan sampai ruas bambu terbakar,” ujarnya.

Pada proses ini wangi gurihnya Lemang sangat menggoda selera. Rasanya ingin sekali habiskan berapa batangnya.

Sedangkan untuk Tapainya, lanjut Murhayati, beras ketan hitam dicampur dengan beras ketan putih sedikit, supaya rasanya tidak terlalu pahit.

“Lalu permentasikan berasnya dengan ragi, beras yang telah dimasak terlebih dahulu itu kemudian didinginkan. Setelah dingin ketan ditaburkan ragi secukupnya. Jangan dibuka dulu sebelum waktunya, nanti rasanya berubah,” katanya.

Kata Muhayati, Lemang yang enak itu bambunya sedikit keriput, karena dimasak menggunakan bambu muda, sehingga lebih terasa harum bambu mudanya bercampur dengan aroma daun pisang.

“Satu lagi cirinya, di luar bambu agak gosong, sehingga ada keraknya, nah itu yang mantap,” cetusnya.

Bagi yang penasaran dengan kuliner lezat ini, Lemang Tapai mudah dicari. Sisir saja jalan jalur dua Sungai Rupat Kota Bengkulu, sederet jalan dipenuhi dengan pedagang Lemang.

Dari bandara lumayan dekat dan bila pergi ke arah bandara bisa juga lewat daerah ini. Jadi, bisa sekalian lewat saja.(cw4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close