Lomba MTQ Tingkat Pendidikan Dasar Se-Kota Bengkulu Dimulai

Tingkatkan Ilmu dan Keimanan

BENGKULU, newsikal.com – Lomba Masabaqah Tilawati Quran (MTQ) pendidikan dasar se-Kota Bengkulu dimulai. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Dra. Rosmayetti, MM yang diwakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Martina Ningsih, M.Pd di Hotel Bumi Endah, Rabu (8/8/2018).

Lomba ini diikuti sebanyak 81 peserta yang terdiri dari 52 orang Sekolah Dasar (SD) dan 29 Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Bengkulu. Peserta yang ikut sudah melalui seleksi tingkat sekolah masing-masing.

Disampaikan Martina, lomba MTQ ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Dinas Dikbud Kota Bengkulu setiap tahunnya. Saat ini, kegiatan ini sudah masuk pada tahun ke lima.

“Kegiatan ini kami selenggarakan sebagai wadah kompetensi bagi siswa didik tingkat pendidikan dasar yakni SD dan SMP dalam mempelajari dan kemampuan baca Al Quran,” ujarnya.

Dikatakannya juga, anak yang paham tentang Al Quran memiliki prilaku yang berbeda dan pastinya tertuntun dalam pedoman hidupnya. Ia juga berkata, ilmu dan keimanan harus selaras, maka dengan kegiatan ini dapat meningkatkan ilmu dan keimanan siswa.

“Memang berbeda, anak-anak yang ikut lomba MTQ dengan lomba yang lain seperti seni ataupun olahraga, cara mereka berekspresi pun sangat berbeda. Mereka lebih pintar mengatur waktu dan tidak fokus pada bermain karena fokus pada baca Al Quran. Itu sangat baik, apalagi Al Quran pedoman hidup karena itu tuntunan dari Allah SWT,” katanya.

Mengikuti lomba ini manfaatnya banyak, lanjutnya, selain ajang uji kemampuan, peserta juga terpacu untuk menjadi lebih baik lagi. Bahkan menjadi motivasi bagi peserta untuk membiasakan diri membaca Al Quran, karena terdorong juga untuk bisa ikut kembali di setiap tahunnya.

“Maka itu, saya harap seluruh sekolah dapat memfasilitasi dan mempersiapkan perwakilan dari sekolahnya masing-masing. Apalagi pendaftarannya gratis, jadi sekolah harus lebih mendorong siswa untuk ikut dan jangan dulu pesimis,” ungkapnya.

Dijelaskan Martina, di sisi lain kegiatan ini juga dapat meningkatkan prioritas sekolah dalam bidang membina akhlak dan baca Al Quran.

“Mungkin saat ini dari 200an SD dan 45 SMP sederajat di Kota Bengkulu baru 81 yang ikut, mudah-mudahan tahun berikutnya bisa ikut semua,” harapnya.

Juara yang akan terpilih yakni juara 1 hingga harapan 3. Setiap juara mendapatkan piala, piagam dan bingkisan.

Kegiatan ini akan berlangsung hingga 10 Agustus mendatang, tidak menutup kemungkinan, juara 1 nantinya akan diikut sertakan dalam ajang MTQ tingkat Provinsi mewakili Kota Bengkulu, karena sudah mesuk dalam data seleksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close