Mahasiswa Kesling Poltekkes Kemenkes Bengkulu PKN di Pondok Kelapa

BENGKULU TENGAH, newsikal.com – Sebanyak 75 orang mahasiswa jurusan Kesehatan Lingkungan (Kesling) Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes Kemenkes) Bengkulu, mengikuti acara pembukaan Praktik Kerja Nyata (PKN) yang dibuka secara resmi oleh Camat Kecamatan Pondok Kelapa Nurmansyah, SE. Hadir pula pada kegiatan ini yakni, Pudir I Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Eliana, SKM, MPH, Kepala Desa Sri Katon, Kepala Desa Sri Kuncoro, Kepala Desa Talang Pauh dan Kepala Desa Panca Mukti, Kepala Puskesmas Sri Kuncoro serta tamu undangan dan dosen jurusan Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia PKN, Agus Widada, SKM. M. Kes, menyampaikan, bahwa PKN akan dilaksanakan selama 5 Minggu dari 19 Maret-21 April 2018, di desa Sri Kuncoro, Sri Katon, Talang Pauh dan Panca Mukti. Kegiatan Praktik Kerja Nyata (PKN) adalah kegiatan aplikasi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperoleh dalam proses belajar mengajar di kelas, laboratorium dan workshop.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk latihan kerja, observasi, pengabdian masyarakat dalam rangka membekali mahasiswa agar mampu mengidentifikasi masalah-masalah kesehatan lingkungan di masyarakat secara profesional. Menganalisis masalah yang ditemukan dan menentukan prioritas masalah yang akan diintervensi dan melakukan intervensi fisik maupun sosial untuk memecahkan masalah-masalah yang ditemukan berdasarkan urutan prioritas masalah.

“Secara rinci, selama PKN mahasiswa akan melaksanakan kegiatan pengkajian data desa, menganalisis situasi dan identifikasi masalah, memprioritaskan masalah, alternatif pemecahan masalah, penyusunan rencana tindakan, lokakarya mini, tindakan intervensi, umpan balik (feed back) kegiatan lapangan, pangkajian proses intervensi, penulisan laporan/makalah dan presentasi/seminar.
Selama PKN, mahasiswa akan didampingi oleh para dosen pembimbing secara bergantian sesuai kompetensi dan tahapan kegiatan dari minggu pertama hingga minggu terakhir,” ungkapnya. (rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close