Masuk Masa Tenang, Sejumlah APK Ditertibkan

KOTA BENGKULU, newsikal.com –Memasuki masa tenang jelang hari pencobolosan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bengkulu resmi melepas Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di sejumlah titik di wilayah Bengkulu, Minggu (14/04/2019).

Dikonfirmasi Newsikal dilapangan, Ketua Bawaslu Kota Bengkulu Rayendra Pirasad mengatakan pelepasan atribut kampanye ini seharusnya dilakukan oleh pihak yang bersangkutan. Dan itu sudah tetera dalam aturan KPU No 4 tahun 2017.

“Dikarenakan sudah masuk masa tenang, untuk semua APK maupun atribut kampanye tidak lagi dibolehkan,” ujar Rayendra.

Dijelasakannya, berdasarkan aturan yang ada, semua jenis atribut kampanye harusnya sudah dilepas oleh pihak yang bersangkutan. Namun hingga waktu yang ditentuhkan, para peserta kampanye belum juga melepas atribut yang terpasang.

“Dibantu oleh pihak Satpol PP, dan Dishub terpaksa penertiban ini kita lakukan sendiri, mengingat hari ini masuk hari pertama masa tenang,” kata Rayendra.

“H-3 sebelum masa tenang, kita telah menyurati para peserta kampanye untuk melepas atribut yang terpasang. Dengan harapan kayu dan sepanduknya dapat digunakan kembali. Tapi nyatanya hingga hari pertama masih saja ada APK yang belum dilepas. Dan terpaksa kita tertibkan,” tegasnya.

Terpisah, Kasatpol Pol PP Kota Bengkulu, Mitrul Ajemi menyampaikan, terkait pernertiban APK Satpol PP ditunjuk sebagai eksekutor penertiban.

“Untuk APK nya kita bawa dulu ke kantor, sedangkan untuk bahan kayunya masih kita tinggalkan dilokasih. Siapa tau bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Tapi kalau tidak juga diambil maka kami akan mengutus petugas kebersihan untuk membersihkannya, supaya Kota Bengkulu kembali cantik,” ungkap Mitrul.

Sementara itu, mengingat APK yang diamankan sudah banyak yang rusak, untuk membersihkanya Satpol PP akan segera mebuat berita acara pembakaran APK.

“APK yang kita amankan nanti akan kita bakar. Tapi sebelum dibakar terlebih dahulu akan dibuat berita acaranya,” demikian Mitrul. (cw4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close