Mensos Salurkan Dana Bantuan untuk 2 Program Unggulan di Bengkulu

BENGKULU, newsikal.com – Menteri Sosial Republik Indonesia M. Idrus Marham salurkan dua program unggulan bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Program tersebut yakni Program Keluarga Harapan (PKH) serta Pencanangan Kampung Siaga di Provinsi Bengkulu bertempat di Balai  Raya Semarak Provinsi Bengkulu. (11/05/2018).

Plt Gubernur Bengkulu, Dr. Rohidin Mersyah, MMA, menyampaikan, dirinya merasa bangga dan bahagia atas kunjungan kerja Menteri Sosial Republik Indonesia ini.

“Kita harus patut berbangga dan bahagia atas kunjungan kerja bapak menteri yang biasanya kita lihat di Televisi. Kami juga menyampaikan bahwa kami telah melakukan optimalisasi fungsi tagana di Bengkulu. Bencana memang tidak bisa kita tiadakan, tapi kita bisa bersiap dan siaga apalagi Bengkulu masuk zona rawan bencana,” sampainya.

Menteri Sosial RI mengukuhan Plt Gubernur Bengkulu menjadi Pembina Tagana wilayah Bengkulu

Bantuan yang diberikan untuk PKH mencapai 174,6 Miliar. Merealisasikan program itu dana PKH yang disalurkan untuk Bengkulu menapai 21,1 miliar. BPNT Bengkulu yang menjangkau 1700 Kepala Keluarga yang dananya capai 22,4 miliar rupiah yang diantaranya untuk Rejang Lebong 21.400 warga dengan dana capai 2,1 miliar rupiah.

Idrus mengatakan, Kemensos RI saat ini sedang fokus dalam mngoptimalkan tagana dan respon cepat di daerah-daerah seperti Aceh.

“Seluruh bencana kita bantu, seperti Aceh, baru-baru ini Dirjen sudah ke sana. Kami juga sudah berikan bantuan tahap awal, dalam rangka tanggap bencana kami akan prioritaskan logistik, tempat berteduh, obat obatan. Setelah itu, tahap berikutnya baru tahap pemulihan serta kami juga akan melibatkan semua elemen kementerian serta pemda,” ujarnya.

Foto bersama

Dijelaskannya juga, untuk tahun ini ada dua kabupaten/kota yang dapat bantuan berupa uang tunai yakni Kabupaten Rejang Lebong dan Kota Bengkulu. Sisanya, kabupaten lain dapat bantuan dalam bentuk beras 10 kg dan semuanya gratis.

“Kami akan berikan bantuan di 2 kabupaten berupa uang tunai, kabupaten yang lain mendapatkan beras yang masing-masing mendapat 10 kg dan tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis. Kalo ada pungutan segera laporkan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Menteri Sosial RI mengukuhan Plt Gubernur Bengkulu menjadi Pembina Tagana wilayah Bengkulu yang ditandai dengan penyematan Pin kehormatan dan sertifikat. Lalu Plt Gubernur Bengkulu juga langsung menerima dana bantuan senilai 200 juta rupiah untuk RSUD Kota Bengkulu.

Kampung Siaga Bencana-Menteri Sosial RI Idrus Marham mencanangkan Kampung Siaga Bencana, kegiatan ini dilangsungkan di Lapangan Tugu Merdeka Bengkulu

Selain Menteri dan Plt Gubernur, acara ini dihadiri Sekretaris Pemerintah Provinsi Bengkulu, Novian Andusti, Kapolda Bengkulu, Brigjen. Pol. Coki Manurung, bupati/ealikota se-Provinsi Bengkulu, seluruh unsur forkopimda Provinsi Bengkulu, OPD Pemerintahan Kota dan Provinsi Bengkulu serta sekitar 500 masyarakat Bengkulu penerima bantuan.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close