Ngopi Bareng, Gubernur Rohidin Berikan Wejangan Kades Se-kecamatan Ipuh

Mukomuko newsikal.com– Di sela kunjungan kerjanya Gubernur Rohidin Mersyah menyempatkan diri bersilahturahim bersama kepala desa Se-Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko, Selasa malam.(13/12/2022).

Dalam kegiatan Silahturahmi, Ngopi bareng menjadi momen keakraban antara Gubernur Rohidin dengan kepala desa yang ada di kecamatan Ipuh. Kepala desa berkesempatan bertanya dan saling berdiskusi dengan Gubernur Rohidin secara langsung membahas beberapa hal di antaranya penanganan bencana, pembangunan infrastruktur jalan, pengembangan pariwisata, pendidikan, pertanian hingga agraria.

Sebagai contoh, Kepala Desa Air Buluh, Hajratul Aswad menerangkan, di desanya yang selalu dilanda banjir yang menjadi masalah utama yang dikeluhkan masyarakat yang membutuhkan solusi menyelesaikannya.

Pada diskusi tersebut Gubernur Rohidin Mersyah menyampaikan terkait bencana yang terjadi “Diperlukan kolaborasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat serta masyarakat dan pihak terkait lainnya dalam menyelesaikan permasalah bencana,”kata Rohidin.

Lanjut Rohidin, Pemerintah Provinsi Bengkulu akan segera mengelar rapat koordinasi antara BPBD Provinsi Bengkulu, Kabupaten Mukomuko dan Pihak BWS Sumatera VII Bengkulu untuk membahas langkah kedepannya untuk menyelesaikan permasalah ini,”imbuhnya.

Rohidin Mersyah juga berharap dengan momen Silahturahmi ini menjadi jembatan komunikasi antara kepala desa dan pemerintah daerah. harapan kepada kepala desa jangan berhenti berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan potensi desa,”tutup Rohidin mengakhiri.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kalaksa BPBD Provinsi Bengkulu, Jaduliwan,SE.MM yang ikut hadir dalam kegiatan Silahturahmi Forum kepala desa Se-kecamatan Ipuh menjelaskan ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam menghadapi bencana dan yang utama adalah menjaga lingkungan sungai atau selokan, sungai sebaiknya di pelihara dengan baik. Jangan membuang sampah ke selokan. Sungai atau selokan jangan di jadikan tempat pembuangan sampah,”ungkap Jaduliwan.

Selain itu, tambah Jaduliwan “Perbaikan dan pembersihan saluran air tentu harus ada. Di wilayah tertentu bisa diadakan secara gotong royong. Penjagaan ini harus dilakukan secara terus menerus dengan waktu berkala. Hal ini bertujuan agar terjadi hujan deras, air tidak akan tersumbat dan mampu mencegah terjadinya banjir. “tutup Jaduliwan mengakhiri.

Turut hadir mendampingi Gubernur Provinsi Bengkulu,Wakil Bupati Mukomuko, Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Kalaksa BPBD Provinsi Bengkulu, Kadis Pendidikan Provinsi Bengkulu dan Camat Ipuh dan Kepala Sekolah.

Diketahui pada hari yang sama.Selasa pagi (13/12/22) BPBD Provinsi Bengkulu juga mengelar Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Rawan Bencana di Kecamatan Ipuh yang akan dilanjutkan pada hari Rabu (14/12/22) Gubernur Bengkulu akan membuka Simulasi Aman Bencana bagi pelajar yang bertempat di SMAN 8 Mukomuko.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button