Pantai Muara Indah Bengkulu Surga Bagi Para Pengunjung

KABUPATEN SELUMA, newsikal.com – Pantai muara indah letak strategisnya berada dalam wilayah desa penago baru kecamatan Ilir Talo kabupaten Seluma provinsi Bengkulu. Dengan garis pantai sepanjang lebih kurang 6 km, berbatasan langsung dengan Desa pasar Seluma kecamtan Seluma Selatan dan desa Penago 1 kecamatan ikir Talo.

Pantai muara indah dilihat dari keindahannya masih sangat asri dan hampir menyamai pantai pantai yang suda maju diindonesia cuma saja perbedaannya adalah pelestariannya yang belum tersentuh dengan pembangunan. lantaran status keberadaan pantai Muara indah Penago Baru ini, masih dalam kawasan Cagar Alam.

Upayah dari pemerintahan desa setempat sudah mengusulkan kepihak pemerintah (Bappeda) kabupaten Seluma untuk dialih fungsikan Pinjam pakai dari CA menjadi TWA. Namun upaya itu belum ada realisasi dan keputusan yang pasti.

Dengan keindahan pantai muara indah Penago baru ini memang memuaskan bagi siapa saja yang berkunjung. Disamping keasriannya pantai muara indah ini dengan bentang pasir landai dan gelombang laut cukup memikat apalagi ada para Penggemar olah raga SELANCAR, karena ketinggian gelombang normal sekitar 2- 4 meter diatas normal.

Jadi sangat memungkinkan bila ada peminat untuk olah raga tersebut.
Disamping itu Pantai muara indah juga difungsikan para warga sekitar tempat nelayan (Pelabuhan) bersandar kapal – kapal pencari ikan, dimana setiap harinya pantai ini tidak pernah sepi dikunjungi warga lantaran untuk mengais rejeki .

Tak kalah penting nya Pantai Muara Indah juga sebagai pemberi Pemberi Rejeki. Dimana didalam gundukan pasir banyak terdapat jenis hewan ( Kerang ) atau nama lainnya seeing disebut masyarakat lokal (Remis) kerang ini cukup menjadijaikan dengan harga yang fantastis dan tidak semua pantai memiliki pengahail Remis.

Pantai Muara Indah berhadapan langsung dengan Desa Rawa ibadah tanpa perantara jarak , jadi sehari harinya yang selalu aktip untuk merawat dan menjaganya sudah barang tentu masyarakat sekitar.

Harapan masyarak desa sekitar dan desa pemilik wiliyah ( Penago Baru) tinggal lagi permasalahan insfratrukturnya yang belum memadai, seperti jalan menuju tempat tersebut.

Memang sih jalan kami suda ada sejak jaman dahulu (Inggris) cuma permasalahan nya akses dari kabupaten dan propinsi masih dirasa belum memadai yaitu koral campur lubang- lubang. Hingga para pengunjung pantai yang dari jauh masih merasa enggan untuk berkunjung karena jarak tempuh singkat namun waktu perjalanan sangat lama. Cetus kepala Desa penago Baru melalui via Whatt sApp.

Harapan kami kata pak kades, agar pemerintah tanggap dengan kondisi jalan kami, apalagi jalan ini adalah statusnya milik Provinsi. Tentu BPK Gubernur yang yang lebih pekah dengan kondisi jalan kami ini Suda sewajarnya. Jalan kami ini dibangun masa buatan Inggris sejak tahun 1714 Sebelum Masehi, hingga hari ini belum berubah.

Padahal yang buruk itu cuma sekitar 9 km lagi, menyambungkan dengan Aspal yang ada. Menurut kami pemerintahan desa penago baru ini pengunjung terbesar itu warga dari jauh.
Untuk mendukung Destinasi wisata tidak cukup dengan kami saja. Sangat perlu perhatian dari lintas sektor demi kemajuan Pantai ini Cetus pak kades berulang ulang .

Pantai muara indah adalah tempat berekreasi harus banyak mendapat perhatian dari berbagai pihak. Karena pantai muara indah adalah bentang alam pantai barat Sumatera yang rentan dengan ancam bencana (Zona Merah) Dimana dengan ketinggian daratan diatas pasang tertinggi 3- 3,5 meter.

Jadi suda sewajarnya pemerintah untuk mendahulukan pembanguna dibidang penanggulangan bencana akan lebih baik lagi ketika ada kerja sama dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan Laut dan parawisatanya.(red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close