Pelayanan Kewarganegaraan di Bengkulu Tak Lagi Sulit

BENGKULU, newsikal.com – Sekarang, layanan kewarganegaraan di Bengkulu sudah sangat mudah. Pasalnya, sistem pendaftarannya sudah secara online, jadi pengurusan ataupun pendaftaran tidak menghabiskan waktu yang lama.

Seperti yang disampaikan, Kepala Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bengkulu yang diwakili Kepala Divisi Hukum dan Ham,  Hj. Dra. Nining Indra Saleh, M.Si dalam kegiatan sosialisasi layanan kewarganegaraan di Hotel Grage Bengkulu, Selasa (19/2/2019). Dirinya menyampaikan, semua proses pengurusan terkait kewarganegaraan, baik aturan mengenai kewarganegaraan ganda terbatas bagi anak-anak, aturan mengenai status kewarganegaraan bagi anak yang lahir di luar perkawinan yang sah, mengenai juga hilangnya status kewarganegaraan istri karena menikah dengan suami asal negara asing dan masih banyak yang lain akan diberikan kemudahan.

“Untuk prosesnya sudah lebih mudah, karena semua sistemnya sudah online tidak lagi manual. Kalau manual tentu perlu waktu yang panjang, baik waktu pengurusan, pendaftaran kenotariasan badan hukum dan lain sebagainya kami sudah memberikan kemudahan,” katanya.

Nining mengatakan, selain merunut pada Undang-undang No.12 Tahun 2006, kewarganegraan juga merupakan salah satu unsur hakiki dari suatu negara. Status kewarganegraan menimbulkan hubungan timbal balik antar negara.

“jadi permasalahan kewarganegaraan menjadi bahasan yang tepat untuk dikupas di Bengkulu, karena melihat potensi Bengkulu juga banyak sumber daya perkebunan dan pertambangan yang tidak menutup kemungkinan banyak warga asing yang datang bahkan menetap,” ungkapnya.

Sementara, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA yang diwakili oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Drs. Ir. H. Sudoto, M.Pd, berharap bahwa pelayanan ini dapat meningkat lebih baik lagi bahkan lebih baik dari provinsi lainnya.

“Kami berharap, apabila pelayanan dilakukan dengan standarisasi yang tepat, insyaAllah pelayanan kewarganegaraan di Provinsi Bengkulu bisa meningkat menjadi lebih baik bahkan lebih baik dari provinsi lain,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung hikmad. Selain dihadiri pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu juga dihadiri warga asing yang biasa mengurus status legalitas kewarganegaraan.(cw4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close