Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Pembentukan Jaristiman Dalam Deteksi Dini Risiko Tinggi Pada Ibu Hamil

BENGKULU TENGAH, newsikal.com – Desa Padang Ulak Tanjung Kecamatan Talang Empat merupakan salah satu desa yang prevalensi memiliki risiko tinggi pada ibu hamil tahun 2018. Sedangkan prevalensi penduduk miskin Provinsi Bengkulu untuk Kabupaten Bengkulu Tengah menunjukkan nilai terendah dibandingkan dengan kota Bengkulu dan kabupaten lainnya.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat yaitu Diah Eka Nugraheni, SST, M. Keb yang didampingi Afrina Mizawati, Provinsi Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang menjadi perhatian penting terutama Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Ibu hamil yang memiliki risiko tinggi mempunyai risiko kematian Ibu dan janin yang lebih besar, oleh karena itu faktor risiko tinggi pada ibu hamil harus dihindari dan dilakukan pencegahan dan kelompok ibu hamil harus mendapat perhatian khusus.

“Sesuai dengan apa yang sudah saya jelaskan maka sangat pentingnya akan pembentukan jaristiman dalam deteksi dini risiko tinggi pada ibu hamil,” ujarnya.

Dijelaskannya juga bahwa tujuan dari kegiatan ini, memeberikan pelatihan kepada yang terlibat meliputi ibu-ibu hamil, tukang sayur, dukun dan para kader desa dalam penyelenggaraan pembetukan kader dalam pencegahan risiko tinggi pada ibu hamil di Desa Padang Ulak Tanjung Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode kegiatan terlebih dahulu yaitu pembentukan struktur dan melakukan penilaian pretest.

Dalam kegiatan ini pula juga ada tahap pelaksanaan pembentukan kader dengan pihak terkait, dan pemaparan materi terkait risiko tinggi oleh Elly Wahyuni, SST, M. Pd. Serta adanya Tanya jawab terhadap responden. Penilaian juga terdapat pada post test yang dilakukan oleh peserta.

Berikut Kerangka pembentukan struktur :

Ketua pelaksana : Diah Eka Nugraheni, SST.M.keb.

Anggota : 1. Elly Wahyuni, SST, M. Pd.
2. Afrina Mizawati, SKM, MPH.
3. Lusi Andriani, SST. M. Kes.

Nama Program : Penjaringan Resiko Tinggi Padang Ulak Tanjung (JARISTIPUT)

Pembina : Abdu Rani,S.Sos.MM dan Lys Maryani,Amd,Keb.
Ketua : Linda Ernawati (Dusun 1)
Sekertaris : Eni Herlina (Dusun II)
Wakil Ketua : Intri Putri (Dusun III)

Penanggung Jawab
Dusun I : Misirah, Sri Asroyani, Linda
Dusun II : Marlena, Fauziah, Pungut, Eni, Sumawarni
Dusun III : Sri Handayani, Erniwati, Intri Putri, Elvi

Alur Pelaporan : Kader Grup Jaristiput
(Dengan Skorsing)
Hasilnya berupa terbentuknya struktur dari Poltekkes Kemenkes Bengkulu dengan kader-kader desa terhadap pencegahan risiko tinggi pada ibu hamil di Desa Padang Ulak Tanjung Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah Kota Bengkulu.
Serta juga meningkatkan pembentukan dalam deteksi dini risiko tinggi pada ibu hamil terhadap pencegahan risiko tinggi sekaligus pelatihan para kader yang sudah terbentuk. Dan dilakukan nya kegiatan monitoring untuk pelaporan yang akan diberikan oleh pelaksana Poltekkes Kemenkes Bengkulu secara online melalui grup whatsApp 12 November 2020 untuk melihat tindak lanjut kegiatan pengabdian masyarakat.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page