Pemberdayaan Mitra Usaha dalam Penerapan Bra Breast Care untuk Mengatasi Masalah Puting Susu Pada Ibu Nifas

Ditulis oleh : Elly Wahyuni, Lusi Andriani, Epti Yorita, Sri Yanniarti

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan skema Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) dengan judul “Pemberdayaan Mitra Usaha dalam Penerapan Bra Breast Care untuk Mengatasi Masalah Puting Susu Pada Ibu Nifas” di Praktik Mandiri Bidan (PMB) Kota Bengkulu. Adapun tujuannya adalah pertama merubah paradigma alumni dan ibu nifas bahwa untuk meningkatkan produksi ASI tidak selalu memerlukan intervensi Farmakologi.

Kedua menumbuhkan jiwa enterpreneurship pada Alumni. Lalu ketiga meningkatkan pemahaman alumni terhadap upaya peningkatan ASI Ekslusif melalui pemakaian Bra Breast Care (BBC) dan sebagai peluang usaha.

Selanjutnya meningkatkan keterampilan alumni untuk melakukan produksi BBC  melalui pelatihan. Serta menambah jenis layanan di Mitra Usaha dan terakhir menyiapkan tenaga terampil yang dapat memberikan daya jual dan meningkatkan pelayanan pada PMB Kota Bengkulu.

Bra Breast Care (BBC) merupakan nipple shield yang dipadukan dengan Bra khusus menyusui untuk memudahkan ibu menyusui yang memiliki masalah puting susu datar atau terbenam dan lecet dalam menyusui bayinya. Dengan memodifikasi nipple shield dan Bra khusus menyusui menjadi Bra Breast Care (BBC) diharapkan akan mempermudah ibu dalam menyusui dan membantu meningkatkan keberhasilan menyusui melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan pengabmas ini dilakukan oleh Dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bengkulu yaitu Elly Wahyuni, SST, M.Pd, Lusi Andriani, SST, M.Kes, Epti Yorita, SST, MPH, Sri Yanniarti, SST, M.Keb dan melibatkan 10 orang alumni Sarjana terapan kebidanan, 10 orang alumni profesi kebidanan serta 5 orang Bidan yang melaksanakan Praktik Mandiri Bidan (PMB) di Kota Bengkulu.

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini diawali dengan mengadakan Webinar via zoom meeting pada hari Selasa 15 September 2023 dengan tema Membangun Jiwa Enterpreneurship dan Bagaimana Memulai Usaha Bisnis di Bidang Kebidanan. Narasumbernya Corien Akwari Febrianti, S.Psi, MM yang merupakan Owner dan Founder Corien Centre Lembaga Pengembangan SDM ( Pelatihan, Psikotes, Bimbel, Umroh, EO dan Outbound).

Adapun tujuan diadakan webinar ini adalah untuk membantu memotivasi diri alumni dan PMB dalam membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain dan diri sendiri serta mengurangi pengangguran. Juga untuk membantu individu yang ‘tidak’ memiliki jiwa kewirausahaan, dapat membangun rasa percaya diri, mengembangkan kreativitas dan inovasi serta berani mengambil risiko.

“Lalu dengan adanya pembelajaran kewirausahaan diharapkan mampu mengurangi tingginya angka pengangguran, khususnya dari kalangan terdidik (sarjana dan diploma) dan membudayakan perilaku, sikap, dan kemampuan diri dan orang-orang sekitar dalam hal kewirausahaan. Diri sendiri maupun masyarakat sekitar akan dapat belajar untuk menciptakan peluang usaha,” ujar Ketua Pengabmas ini Elly Wahyuni.

Selanjutnya dilakukan pelatihan pembuatan Bra Breast Care (BBC) yang dilaksanakan di PMB Susi Irma Novia, SST, Pasar Minggu RT 06, RW 02 Pasar Kel. Belakang pondok Kec. Ratu Samban Kota Bengkulu. BBC merupakan nipple shield yang dipadukan dengan Bra khusus menyusui untuk memudahkan ibu menyusui yang memiliki puting susu lecet, datar atau terbenam dalam menyusui bayinya.

Penggunaan nipple shield berguna untuk membantu para ibu agar tetap dapat menyusui meski puting sedang lecet. Nipple shield ini akan melapisi dengan baik puting dan areola sehingga membuat bayi tetap nyaman saat menyusui, namun ibu pun berkurang rasa sakitnya.

WEBINAR

Membangun Jiwa Enterpreneurship dan Bagaimana Memulai Usaha Bisnis di Bidang Kebidanan

Gambar  1. Pelaksanaan Webinar Selasa 20 September 2022 dengan Tema Membangun jiwa Enterpreneurship dan bagaimana memulai usaha bisnis di bidang Kebidanan dan menghadirkan narasumber, yaitu Ibu Corien Akwari Febrianti, S.Psi, MM. Owner Dan Founder Corien Centre Lembaga Pengembangan SDM

Gambar 2. Pelatihan pembuatan BBC di PMB Susi Irma Novia, SST yang iikuti oleh 25 orang alumni dan 4 orang tim pengabmas

Gambar 3. Proses Penjahitan BBC merupakan nipple shield yang dipadukan dengan Bra khusus menyusui untuk memudahkan ibu yang memiliki puting susu lecet, datar atau terbenam dalam menyusui bayinya  di kota Bengkulu.

 

Penulis merupakan Dosen Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bengkulu, Jurusan Kebidanan Jalan Indragiri No. 03 Padang Harapan Kota Bengkulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close