Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Pemkab Kaur Gelar Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah Tahun 2023

KAUR, newsikal.com – Pemerintah Daerah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan ( Bapeda Litbang ) Kabupaten Kaur menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Indeks Inovasi Daerah ( IID ) Tahun 2023. Kegiatan Sosialisasi ini dilaksankan di Aula Bappeda Litbang, Rabu (5/4/3023).

Yang menjadi Narasumber dari kegiatan sosialisasi ini dari Bappeda Litbang Provinsi Bengkulu yakni Kabid Litbang Provinsi Bengkulu – Titus Candra Erwana dan Sub Koordinator Bidang Inovasi dan Teknologi Bappeda Litbang Provinsi Bengkulu- Rahmi Wati.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Ir. H. Herwan, M. SI. Dalam sambutanya Asisten III menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan yang sangat baik dan bermanfaat bagi pemerintah daerah dalam menuangkan ide – ide dan pemikiran untuk mendukung pembangunan daerah.

” Saya menyambut baik kegiatan ini, karena sosialisasi ini merupakan salah satu aspek strategis dalam mendukung peningkatan akselerasi pembangunan di era Otonimi Daerah saat ini,” ujarnya

Lebih lanjut ia menyampaikan, dengan adanya PP Nomor 38 Tahun 2017 dan Permendagri No.104 Tahun 2018 maka diperlukan percepatan pelaksanaan implementasi inovasi di daerah, itu artinya kita harus melakukan pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan, seperti membuat kebijakan yang kreatif, inovatif dan implementatif.

“Namun untuk mendukung akselerasi tersebut perlu ada penetapan kebijakan oleh pemerintah daerah yang harus dilakukan secara cermat, akurat dan sesuai dengan azas – azas good governance serta memiliki prediksi yang akurat terhadap arah pembangunan daerah dalam hangka panjang,” ujar Herwan.

Ia juga mengingatkan tentang capaian pemerintah daerah di ajang Innovative Government Award.

“Baru di tahun 2022 ini Kabupaten Kaur terlepas dari predikat Kurang Inovatif menjadi Daerah Kategori Inivatif,” ujarnya.

Ia menjelaskan pada tahun 2021 pemerintah daerah kabupaten Kaur memperoleh skor 11.68 masuk dalam kategori Kurang Inovatif di urutan 331 dari 415 Kabuapaten se – Indonesia dan pada tahun 2022 berdasarkan Kepmendagri No.400.10.11-6301.A kabupaten Kaur memperoleh skor Indeks 41,29 dengan kategori Inovatif di urutan 245 dari 415 kabupaten se – Indonesia.

“Capaian ini tidak terlepas dari kerja keras Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kaur H. Lismidianto dan Herlian Muchrim bersama jajarannya saat ini, serta pihak swasta, juga stakeholder lainya tidak terkecuali seluruh masyarakat kabupaten Kaur,” ucapnya.

Diakhir sambutannya ia meminta kepada semua perangkat daerah pemda kabupaten Kaur mampu meningkatkan kreativitas melalui berbagai inovasi konstruktif sehingga prestasi yang telah dicapai pun dapat ditingkatkan.

” Teruslah berinovasi dan inovasi yang telah dihasilkan dilaporkan serta jangan lupa untuk mengimput data pendukung kepada Kementerian Dalam Negeri RI melalui Aplikasi yang telah disediakan sebagai indikator penilaian Indeks Inovasi,” pungkasnya.

Turut hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini adalah Kadis Kominfo – M. Jarnawi, Kadis Sosial – Ramdhanizar, Kadis Pertanian – Lianto dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa – Asdyarman serta para Sekdin, Kabid, Kasi, Kasubbag yang mewakili OPD -nya masing – masing.(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page