Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Pemprov Dorong Masyarakat Gemar Makan Ikan

Gelar Lomba Masak Serba Ikan

BENGKULU, newsikal.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu gelar lomba masak serba ikan, hal ini dilakukan sebagai upaya mendorong masyarakat gemar makan ikan.Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Bengkulu ke – 11 yang berlangsung di Bencoolen Mall ini, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, Rabu (24/10).

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu. Tampak hadir dalam kegiatan ini Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu Ivan Syamsurizal.

Sekda menjelaskan, dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan Bengkulu di atas rata-rata nasional. Menurut Nopian juga, gemar makan ikan sendiri sangat baik khsususnya untuk pertumbuhan otak serta kecerdasan kepada anak.

Kembali ditegaskan Sekda, tingkat konsumsi perkapita makan ikan Provinsi Bengkulu berada dibawah standar nasional.Menurutnya, rata–rata nasional konsumsi ikan mencapai 45 Kg per Kapita/Tahun sedangkan untuk Bengkulu masih berada pada kisaran 39.50 Kg per Kapita/Tahun.

“Dengan gemar makan ikan, anak – anak kita diharapkan menjadi anak yang berkualitas,” jelas Nopian Andusti.

Nopian juga menambahkan, sumber daya laut yang dimiliki Provinsi Bengkulu sangat besar seperti sektor perikanan.

“Jangan sampai ikan yang banyak ini dimanfaatkan oleh orang luar, tetapi kita sendiri tidak memanfaatkannya,” tegas Nopian Andusti.

Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu Ivan Syamsurizal mengungkapkan, pihaknya mendorong agar setiap masyarakat mengkonsumsi ikan, sebab sumber daya yang paling besar di Bengkulu adalah ikan.

“Dengan memanfaatkan ikan ini otomatis kita tidak terlalu banyak mengimpor bahan baku dari luar, ini meningkatkan kemandirian pangan kita salah satunya dengan ikan,” ungkap Ivan.

Pada kesempatan ini, Ivan juga mengungkapkan sesuai dengan dorongan Plt. Gubernur Rohidin Merysah, berkerjasama dengan Karantina Ikan dan Kementerian Perikanan, akan melaunching ekspor ikan keluar Bengkulu, yakni ke Malaysia dan Singapura.

“Insyaallah pada bulan November ini akan lunching ekspor perikanan kita ikan segar ke Malaysia sebesar 10 Ton dengan nilai kurang lebih 15 M,” tambah Ivan.

Jenis ikan yang di ekspor, lanjut Ivan, adalah jenis Kerapu, Jenihin dan Tuna, sedangkan untuk ekspor ke Singapura adalah produk – produk olahan ikan seperti nugget dan produk olahan lainnya.

“Ini adalah hadiah dari DKP Provinsi Bengkulu khususnya dari Plt. Gubernur bagi 50 Tahun Emas Provinsi Bengkulu, kita Bengkulu sudah bisa ekspor sendiri,” tutup Ivan.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page